Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa kriminal, terjadi di berbagai wilayah DKI Jakarta pada Jumat (26/8) seperti konsorsium 303 hingga sopir TransJakarta yang jadi korban pemukulan.

Berikut rangkumannya dan berharap bisa jadi teman pagi Anda menikmati awal akhir pekan ini.


1. Polda Metro: Penggerebekan judi tidak terkait Konsorsium 303

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menegaskan pengungkapan 131 kasus tindak pidana perjudian di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) pada Agustus 2022 adalah kegiatan rutin dan tidak ada kaitannya dengan isu Konsorsium 303.

"Jadi begini, bukan baru kali ini. Setiap saat pun kami melakukan penindakan terhadap kejahatan yang meresahkan masyarakat, baik yang konvensional, kejahatan jalanan dan lain-lain termasuk perjudian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Endra Zulpan di Jakarta, Jumat.

Zulpan mengatakan, banyak tugas kepolisian yang luput dari perhatian karena tidak semua pengungkapan kasus perjudian oleh kepolisian terekspos oleh pemberitaan media

"Namun, tidak semuanya kami ekspos dan media jarang menanyakannya," ujarnya.

Selengkapnya bisa baca di sini


2. Lemkapi: Putusan pemecatan Sambo sudah penuhi rasa keadilan masyarakat

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan putusan Sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP) yang menjatuhkan sanksi pemecatan terhadap Irjen Pol Ferdy Sambo sudah memenuhi rasa keadilan kepada masyarakat.

"Namun demikian, kita tentu harus menunggu dan menghormati hak hukum Ferdy Sambo yang saat ini akan mengajukan banding," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan proses Sidang KEPP di Mabes Polri, Jakarta dari Kamis (25/8) pagi hingga Jumat (26/8) dini hari dipimpin Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri sudah berjalan dengan baik.

Selengkapnya bisa baca di sini


3. Polisi: Pemukulan terhadap pengemudi TransJakarta murni penganiayaan

Jakarta (ANTARA) - Pemukulan oleh pengendara mobil pribadi terhadap pengemudi TransJakarta di Jalan Raya TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, murni penganiayaan.

"Keterangan dari sopir tidak ada unsur kecelakaan lalu lintas, murni penganiayaan," kata Kasi Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Edy menegaskan, kejadian tersebut merupakan penganiayaan dan pihak korban akan melapor ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Selengkapnya bisa baca di sini


4. Wagub DKI minta pemukul pengemudi TransJakarta diproses hukum

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pihak terkait memproses pelaku pemukulan terhadap pengemudi bus TransJakarta.

"Ini perbuatan tercela. Saya minta agar diproses sesuai aturan yang berlaku," kata Riza Patria melalui akun Instagram @arizapatria di Jakarta, Jumat.

Riza mengajak masyarakat untuk ikut mencegah tindakan kekerasan dan main hakim sendiri.

Ia juga menyarankan agar masyarakat menggunakan telepon seluler untuk merekam dan foto apabila menemukan tindakan kekerasan dan melaporkan ke pihak berwenang atau menghubungi "Jakarta Siaga 112".

Selengkapnya bisa baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022