Jakarta (ANTARA) - Pemeran Lieutenant Uhura film "Star Trek" Nichelle Nichols tutup usia pada 30 Juli, Reuters pada Sabtu melaporkan bahwa abunya akan dibawa ke luar angkasa.

Abu kremasi Nichols sudah dimasukkan ke daftar manifes roket luar angkasa, bersama dengan abu dan sampel DNA penggemar luar angkasa lainnya yang sudah meninggal.

Penaburan abu kremasi Nichelle Nichols diatur oleh Celestic Inc, perusahaan dari Texas yang memang berbisnis merancang upacara tabur abu kremasi ke luar angkasa. Mereka belum mengumumkan kapan peluncuran roket yang membawa abu sang aktris.



Bersama dengan Nichols, abu James Doohan dan Gene Roddenberry, masing-masing ialah pemeran Scotty dan kreator "Star Trek" juga akan ditaburkan ke luar angkasa.

Istri Roddenbery, abu mendiang Majel Barret-Roddenberry, yang juga tampil dalam serial tersebut sebagai Christine Chapel dan seniman visual efek "Star Trek: The Motion Picture" dan "2001: A Space Odyssey" juga diterbangkan dalam roket tersebut.

Abu jenazah akan dibawa dengan roket Vulcan Centaur, yang saat ini masih dikembangkan oleh perusahaan gabungan Boeing dan Lockheed Martin, United Launch Alliance.

Nichols pada 1970an dipekerjakan oleh NASA untuk membantu merekrut perempuan dan grup termarjinalkan untuk masuk ke biro luar angkasa.

Nichols berjasa dalam menarik perhatian sejumlah orang penting bergabung dengan dunia luar angkasa, antara lain adalah perempuan astronot Amerika Serikat pertama Sally Ride, perempuan kulit hitam astronot pertama Mae Jemison dan pimpinan NASA pertama yang berkulit hitam Charlie Bolden.

Baca juga: Paul Wesley jadi James T. Kirk di serial "Star Trek"

Baca juga: Produksi "Star Trek: Picard" dihentikan usai para kru positif COVID-19

Baca juga: Paramount+ umumkan jadwal pemutaran Star Trek Universe untuk 2022

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022