Kami bersama TNI siap mengamankan G20 di Belitung nanti.
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap mengerahkan 1.173 personel untuk pengamanan perhelatan Development Working Group (DWG) G20 di Pulau Belitung pada 7 hingga 9 September 2022.

"Kami bersama TNI siap mengamankan G20 di Belitung nanti," kata Kapolda Provinsi Kepulauan Babel Irjen Pol Yan Sultra, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam mengamankan pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Pulau Belitung nanti, Polda Kepulauan Babel tidak hanya mengerahkan 1.173 personel, tetapi juga menerjunkan 1.000 unit kendaraan, helikopter serta Tim Penjinak Bom dari Korps Brimob Polri.

"H-5 nanti seluruh personel sudah berada di Belitung dan H-1 sudah melakukan sterilisasi di titik-titik pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 ini," ujarnya.

Ia menyatakan dalam pengamanan G20 di Belitung nanti, polda akan melibatkan TNI.

"Kami juga libatkan rekan-rekan dari TNI, nanti sesuai penempatannya," katanya pula.

Kepala Penerangan Korem 045/Gaya Mayor Inf Subkhan menyatakan TNI siap membantu Polri untuk mengamankan G20 di Belitung nanti.

Menurut dia, pada perhelatan G20 di Belitung nanti akan dikunjungi delegasi dari berbagai negara, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan investasi dan perekonomian masyarakat di Provinsi Kepulauan Babel khususnya Belitung.

"TNI akan mengerahkan prajurit yang telah disiapkan staf operasi TNI AD untuk menyuksesan G20 nanti," katanya pula.

Ia menegaskan Provinsi Kepulauan Babel khususnya Belitung aman dan siap dikunjungi para delegasi G20, investor, dan wisatawan.

"Para delegasi ini nantinya akan melihat sendiri bahwa secara riil Belitung memang benar-benar aman, kondusif, dan masyarakatnya juga damai," katanya lagi.
Baca juga: Menteri PPN: 22 negara telah konfirmasi hadiri DWG G20 di Belitung
Baca juga: Menu makanan di RSUD Belitung untuk delegasi G20 disorot Menteri PPN

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022