Jakarta (ANTARA) - Operator Liga Bola Basket Indonesia (IBL) mengumumkan penunjukkan wasit asal Filipina, Joenard Garcia, yang bakal bertugas memimpin rangkaian partai final musim 2022 antara Pelita Jaya Bakrie melawan Satria Muda Pertamina Jakarta.

Garcia merupakan wasit yang ditunjuk berdasarkan rekomendasi FIBA Asia dan bakal bertugas pada Sabtu petang ini serta Minggu (28/8) di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat.

Garcia juga akan bertugas dalam Gim 3 Final IBL 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (30/8) apabila diperlukan.

"Garcia direkomendasikan oleh Direktur Eksekutif FIBA untuk Asia dan Kepala Sekretariat FIBA untuk Asia, Hagop Khijirian," kata Direktur IBL Junas Miradiarsyah dalam keterangan yang dikutip dari situs resmi kompetisi, Sabtu.

Baca juga: Pelita Jaya dan Satria Muda "rematch" pada final IBL 2022

Penugasan Garcia diperlukan karena tiga wasit lokal berlisensi FIBA yakni Harja Jaladri, Budi Marfan, dan Haryanto Sutarto tengah bertugas di luar negeri memimpin sejumlah pertandingan Window 4 Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

Junas berharap kehadiran Garcia bisa sekaligus menjadi ajang pertukaran ilmu bagi wasit-wasit lokal.

"Selain itu juga membuka hubungan dengan harapan kelak wasit kita juga akan dipercaya memimpin pertandingan-pertandingan kompetisi negara lain," kata Junas.

Final IBL 2022 mempertemukan Pelita Jaya dan Satria Muda yang sama-sama cuma butuh dua gim untuk melenggang mudah dari semifinal masing-masing menyingkirkan West Bandits Combiphar Solo dan Prawira Bandung.

Final kali ini tak ubahnya jadi ulangan pertemuan serupa dalam partai puncak musim lalu yang berakhir dengan kemenangan Satria Muda atas Pelita Jaya lewat tiga gim.

Baca juga: Satria Muda nyatakan "perang" terhadap Pelita Jaya di final IBL 2022
Baca juga: Playoff IBL 2022 tarik lebih dari 12 ribu penonton

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022