Yang belum vaksinasi, segera lakukan, termasuk booster
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan mencatat jumlah pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 46 orang sehingga total mencapai 84.391 orang sementara kasus konfirmasi positif bertambah tujuh orang pada Minggu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Dr Diauddin di Banjarmasin, Minggu, menyebutkan, angka kesembuhan terbanyak pada hari ini berasal dari Kabupaten Banjar sebanyak 37 orang.

Kemudian dari Kabupaten Kotabaru sebanyak lima orang, Kabupaten Tabalong dua orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah masing-masing satu orang.

Sedangkan penambahan positif dari Kota Banjarmasin sebanyak empat orang, Kabupaten Tabalong dua orang dan Kota Banjarbaru satu orang.

Menurut Diauddin, untuk kasus meninggal dunia pada hari Minggu ini nihil, total kasus meninggal dunia karena COVID-19 di Kalsel sebanyak 2.580 orang.

Baca juga: Dinkes Kalsel: Kesembuhan lebih tinggi dari tambahan positif COVID-19

Sementara itu, untuk total positif COVID-19 di Kalsel mencakup 13 kabupaten/kota selama pandemi sebanyak 87.284 kasus, sementara yang sembuh totalnya sebanyak 84.391 orang.

Saat ini, kata Diauddin, pasien COVID-19 di Kalsel sebanyak 313 orang, terbanyak di Kota Banjarmasin sebanyak 126 pasien, Kabupaten Banjar sebanyak 34 pasien, Kota Banjarbaru sebanyak 28 orang.

Selanjutnya dari Kabupaten Kotabaru sebanyak 26 pasien, Kabupaten Tanah Laut sebanyak 24 pasien, Kabupaten Tabalong sebanyak 21 pasien, Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebanyak 20 pasien.

Kemudian Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Hulu Sungai Utara masing-masing delapan pasien, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan masing-masing enam pasien, Kabupaten Tapin sebanyak lima pasien dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan satu pasien.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kalsel berkurang 143 orang

Dikatakan Diauddin, selama seminggu ini, kasus positif COVID-19 menurun hingga 33,8 persen dan kasus aktif menurun hingga 49,8 persen. Untuk kesembuhan persentasenya 96,96 persen, dirawat 0,36 persen dan meninggal dunia 2,96 persen.

Meskipun kasus COVID-19 terus menurun, Diauddin meminta masyarakat tidak melonggarkan disiplin protokol kesehatan, tetap pakai masker, cuci tangan dengan rutin dan menghindari berkerumun.

"Yang belum vaksinasi, segera lakukan, termasuk booster," ujarnya.

Baca juga: Dinkes: Kasus COVID-19 di Kalsel mulai turun di bawah 50 kasus

Pewarta: Sukarli
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022