Palangka Raya (ANTARA) - Dua atlet Indonesia yang mengikuti UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang diselenggarakan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil meraih juara.

Pelatih Tim Nasional Sepeda Indonesia Dwi Edi Kurniawan di Palangka Raya, Minggu, usai kejuaraan sepeda dunia itu menjelaskan bahwa dua atletnya dari putra dan putri meraih podium.

"Untuk kategori Elite Men (putra) atlet kami atas nama Ihza Muhammad berhasil meraih di posisi lima, sedangkan untuk Elite Women (putri) Ayu Triya Andriyana berhasil menyabet juara tiga dan meraih perunggu," katanya di Palangka Raya.

Dwi menjelaskan, untuk fisik dan mental atlet Indonesia dalam kejuaraan ini sudah cukup bagus. Hanya saja mereka tinggal mengatur ritme pada lap kedua, anak-anak belum bisa maksimal seperti atlet lainnya.

Apalagi di kejuaraan kategori ini para atlet rata-rata baru saja mengikutinya karena kebanyakan mereka adalah atlet Downhill. Namun patut berbangga, pada gelaran ini dua atletnya bisa naik podium.

"Di kategori Elite Men kita juga sudah patut bangga atlet kita bisa menduduki posisi 5, 6 dan 7 itu artinya fisik mereka sudah cukup bagus tinggal diasah lagi saja dalam kejuaraan di kategori ini," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, dari kejuaraan ini cuaca di Palangka Raya sangat panas sehingga hal tersebut dapat mengganggu fisik mereka ketika bertanding di kejuaraan yang pertama kali diikuti oleh para atlet.

Beruntungnya selama satu minggu lebih para atlet adaptasi dengan cuaca di Palangka Raya, akhirnya juga bisa menstabilkan diri sehingga dalam kejuaraan yang sangat bergengsi ini dapat meraih hasil yang maksimal.

"Jujur cuaca Kota Palangka Raya panas sekali, sehingga ini juga dapat menguras fisik seluruh atlet kita yang juga pertama kali mengikuti ajang sepeda gunung dunia tersebut," ungkapnya.

Dalam UCI MTB Eliminator World Cup 2022 untuk kategori Elite Men keluar sebagai juara pertama diraih oleh Quentin Schutzenberger dari Perancis, posisi kedua di susul oleh Simon Gegenheimer dari Jerman.

Selanjutnya posisi ketiga diisi oleh Methasit Boonsane dari Thailand, sedangkan posisi keempat diraih Riyadh Hakim Lukman dari Singapura dan posisi kelima ditempati oleh Ihza Muhammad.

Sedangkan untuk kategori Elite Women juara pertama di raih Marion Fromberger dari Jerman, juara kedua diraih Warinthorn Phetpraphan dari Thailand, posisi ketiga di duduki oleh Ayu Triya Andriyanan dari Indonesia.

Lalu poisisi keempat diduduki oleh Mariske Strauss dari Afrika Selatan dan posisi kelima di isi oleh Madison Boissiere dari Prancis.


Baca juga: Pebalap sepeda Prancis dan Jerman juarai UCI MTB seri ke-8
Baca juga: Masyarakat Palangka Raya antusias saksikan UCI MTB 2022
Baca juga: Atlet Indonesia tercepat di kualifikasi 'Men Elite' UCI MTB
Baca juga: Sebanyak 52 atlet berebut yang terbaik di UCI MTB

Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022