Jakarta (ANTARA) - Bek Wesley Fofana dikabarkan segera menjalani tes medis di Amerika Serikat, Senin, setelah Chelsea secara verbal mencapai kesepakatan dengan Leicester City soal transfer pemain asal Prancis tersebut.

Dikutip dari Sky Sports, Senin, terbangnya Fofana ke Amerika Serikat adalah keinginan dari pemilik Chelsea Todd Boehly untuk memastikan kondisi pemain berusia 21 tahun itu.

Diketahui sebelumnya Fofana sempat memiliki cedera serius di fraktur fibulanya dan membuat ia menghabiskan lebih dari separuh musim 2021-22 menjalani proses pemulihan pascaoperasi.

Pada Jumat lalu dikabarkan Chelsea telah sepakat membayar mahar sebesar 70 juta poundsterling (sekira Rp1,2 triliun) disertai nilai sejumlah klausul tambahan kepada Leicester demi mendapatkan Fofana.

Kedua klub masih bernegosiasi menentukan rincian struktur pembayaran nilai transfer Fofana serta ketentuan klausul-klausul tambahan.

Laporan yang sama meyakini Chelsea mempersiapkan total dana tak lebih dari 75 juta poundsterling (sekira Rp1,3 triliun) sementara kesepakatan personal antara klub dengan Fofana diyakini bakal berjalan mulus.

Kabar kesepakatan ini jelas membuat Leicester harus bergerak cepat mencari pengganti Fofana, mengingat tenggat bursa transfer musim panas kian dekat.

Baca juga: Leicester City tolak tawaran ketiga Chelsea untuk Wesley Fofana
Baca juga: Chelsea capai kesepakatan verbal terkait transfer Wesley Fofana


Sebelumnya tiga tawaran Chelsea untuk Fofana telah ditolak oleh Leicester, namun pada akhirnya The Blues mampu meyakinkan tim asuhan Brendan Rodgers tersebut untuk melepas pemain tersebut.

Chelsea berupaya untuk mendatangkan bek anyar dikarenakan mereka kehilangan Antonio Rudiger dan Andreas Christensen pada bursa transfer musim panas ini setelah keduanya memilih hengkang dari Stamford Bridge ketika kontraknya habis akhir Juni lalu.

Sejauh ini skuad asuhan Thomas Tuchel baru mendatangkan satu pemain belakang yaitu Kalidou Koulibaly dari Napoli dengan biaya mencapai 38 juta euro (sekira Rp571 miliar) disertai klausul tambahan dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Fofana didatangkan oleh Leicester dari klub Liga Prancis AS Saint-Etienne pada musim panas 2020 dengan biaya transfer mencapai 35 juta euro. Pemain kelahiran Marseille itu baru bisa merumput lagi per Maret 2021 dan hanya mencatatkan 11 penampilan sepanjang musim 2021-22.

Baca juga: Chelsea pinjamkan Callum Hudson-Odoi ke Bayer Leverkusen
Baca juga: Tuchel puji mentalitas Chelsea ketika kalahkan Leicester City

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022