Jakarta (ANTARA) - Kepolisian sempat mengamankan sejumlah demonstran dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kita hanya memisahkan mereka supaya tidak melakukan tindakan yang membuat teman-temannya terprovokasi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Komarudin di Jakarta, Senin.

Komarudin menyebutkan, sempat terjadi gesekan saat berlangsung demonstrasi yang dilakukan massa HMI.

Polisi sempat mengamankan empat orang agar tidak melakukan hal-hal yang mengganggu aktivitas masyarakat. Empat orang tersebut sudah tidak diamankan setelah demonstran kembali terkendali.

Dia menyebutkan, tidak ada massa yang terluka dalam demonstrasi lantaran pihak Kepolisian mampu mengendalikan kondisi sehingga massa cepat ditertibkan.

Baca juga: Massa HMI tinggalkan Gedung Parlemen usai unjuk rasa
Baca juga: HMI sempat tutup jalan saat demo di depan Gedung DPR RI


Komarudin bersyukur pihaknya bisa mengendalikan massa yang sudah menyampaikan pendapat di muka umum meski sempat terjadi ketegangan.

"Sempat terhenti sebentar karena massa yang mundur ke jalan, tapi sudah kembali normal," tuturnya.

Massa HMI meninggalkan Komplek Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, pukul 17.25 WIB usai melakukan unjuk rasa di lokasi tersebut.

Berakhirnya aksi ditandai dengan mobil komando yang dinaiki para orator mundur meninggalkan lokasi diikuti para demonstran.

Sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) berpakaian oranye kemudian membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan di lokasi aksi.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022