Caracas (ANTARA) - Duta Besar Kolombia untuk Venezuela Armando Benedetti tiba di Caracas pada Minggu (28/8) untuk menormalisasi hubungan diplomatik antara kedua negara.

Benedetti akan menunjukkan surat kredensialnya kepada pemerintah Venezuela, jelas Kementerian Luar Negeri Venezuela dalam rilis pers dikutip Xinhua.

"Hubungan dengan Venezuela seharusnya tidak pernah terputus. Kami adalah saudara, dan garis imajiner tidak dapat memisahkan kami, apalagi kebijakan negara," kata Benedetti dalam video yang diunggah ke akun Twitter miliknya.

Menurut dia, Kolombia akan mengupayakan pembentukan kawasan ekonomi, pembebasan pajak, dan legislasi yang memungkinkan pemerintahnya untuk berinvestasi dalam sejumlah pekerjaan yang berdampak kepada pembangunan di daerah perbatasan kedua negara.

Venezuela dan Kolombia bergerak untuk memulihkan hubungan bilateral yang telah terputus selama lebih dari tiga tahun.

Pada 11 Agustus, Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyampaikan dirinya telah mengangkat mantan menteri luar negeri Venezuela Felix Plasencia sebagai Dubes untuk Kolombia yang diharapkan terus membangun kembali hubungan dengan negara tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2022