Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat sebanyak 110 pasien COVID-19 di daerah tersebut dinyatakan sembuh pada Senin, sehingga total angka kesembuhan menjadi 153.914 kasus.
 
"Sebanyak 110 pasien COVID-19 yang sembuh pada hari ini merupakan kasus transmisi lokal," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Senin malam.
 
Sementara itu, untuk pasien COVID-19 hingga saat ini mencapai 157.992 kasus setelah 39 orang dinyatakan terpapar per hari ini.

Baca juga: Dinkes: 21.716 tenaga kesehatan di Sumut sudah divaksinasi dosis 4
 
Nora menyebut bahwa penambahan kasus baru COVID-19 itu didapat dari hasil pemeriksaan sebanyak 1.805 spesimen yang dilakukan per hari ini.
 
"Total akumulasi kasus COVID-19 di Sumut saat ini 157.992 kasus konfirmasi positif," ujarnya.
 
Ia mengatakan, kasus kematian akibat COVID-19 di Sumut nihil penambahan sehingga totalnya masih bertahan pada angka 3.276 orang.

Baca juga: Satgas: Sembilan daerah di Sumut zona hijau COVID-19
 
"Hingga saat ini total kasus aktif atau pasien yang sedang menjalani perawatan dan isolasi akibat COVID-19 sebanyak 802 orang," katanya.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menghindari kerumunan.
 
Dengan disiplin protokol kesehatan diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, serta menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan atau menurunkan kasus COVID-19.

Baca juga: Epidemiolog soroti pentingnya kepedulian untuk protokol kesehatan
 
"Disiplin protokol kesehatan juga harus dibarengi dengan vaksinasi hingga dosis ketiga guna mencegah penularan COVID-19," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022