Jakarta (ANTARA) - Tempat sampah merupakan benda yang wajib ada di rumah. Namun, seringkali kita tidak memperhatikan ukuran tempat sampah yang digunakan. Meskipun terdengar sepele, ukuran tempat sampah bisa memengaruhi kebersihan dan nilai estetika ruangan.

Berikut ini tips memilih ukuran tempat sampah sesuai dengan luas ruangan yang bisa kamu lakukan.

1. Sesuaikan dengan Jenis Ruangan
Dalam memilih ukuran tempat sampah yang tepat, kita perlu menyesuaikan dengan fungsi dari ruangan tersebut.

Umumnya, tempat sampah besar bisa ditempatkan di dapur. Mengingat sehari-hari limbah sampah lebih banyak datang dari area ini, antara lain sampah plastik, sisa makanan, dan sisa kupasan bahan masakan. Kamu bisa memilih tong sampah dengan kapasitas 50-60 liter.

Sedangkan untuk kamar mandi, kamu bisa menggunakan tempat sampah yang berukuran 18 liter. Ukuran ini sudah cukup untuk menampung sampah tisu toilet dalam sehari. Pada kamar tidur dan ruang tamu, kamu bisa memakai tempat sampah dengan ukuran kecil atau sekitar 10 liter.

2. Perhatikan Luas Ruangan
Selain menyesuaikan dengan jenis ruangan, kamu juga harus memperhatikan luas ruangan yang tersedia. Hindari memakai tempat sampah terlalu besar karena akan membuat ruangan jadi tampak sempit.

Untuk dapur mungil, pilihlah tempat sampah yang bisa ditempatkan di bawah bak cuci piring. Dengan begini, dapur akan terlihat lebih rapi dan tidak menghalangi jalan.

3. Sesuaikan dengan Frekuensi Membuang Sampah
Selain dari fungsi ruang, kita juga perlu memakai tempat sampah besar dengan kapasitas 45-50 liter. Hal ini bertujuan buat mencegah tumpukan sampah berceceran di lantai, terutama jika kamu jarang mengeluarkan sampah ke tempat penampungan.

Lain halnya jika kamu membuangnya setiap hari. Tong sampah dengan kapasitas 28 liter sudah cukup untuk menampung sampah harian.

4. Perhatikan Jumlah Orang di Rumah
Sebelum menentukan ukuran tempat sampah, perhatikan juga jumlah orang yang tinggal dalam satu atap. Semakin banyak orang di dalam rumah, maka semakin besar pula kapasitas tong sampah yang diperlukan.

Jika kamu tinggal sendirian atau berdua, maka tong sampah 30 liter dapat menjadi pilihan. Sedangkan kapasitas 50 liter, cocok untuk satu keluarga yang berjumlah empat orang. Namun, bila anggota keluarga berjumlah lebih dari empat orang, kamu bisa memakai tempat sampah dengan kapasitas 80 liter.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menentukan tempat sampah yang sesuai. Jika kamu sedang mencari tempat sampah berkualitas dengan berbagai ukuran, kamu bisa menemukannya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai model, jenis, merek, dan desain furnitur lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Ataru, Krisbow, Chatime, Toys Kingdom, Susen dan masih banyak lagi. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022