Hal ini dapat kita lakukan jika pemerintah, parlemen, dan BPK, menggunakan kesempatan dalam forum G20, P20, dan Supreme Audit Institution G20 (SAI20), untuk membangun komitmen yang kuat dalam menyelamatkan nasib dunia ...
Badung, Bali (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sekaligus Ketua Parliament G20 (P20) Puan Maharani mengatakan kolaborasi pemerintah, parlemen, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diperlukan untuk merespons permasalahan global.

"Hal ini dapat kita lakukan jika pemerintah, parlemen, dan BPK, menggunakan kesempatan dalam forum G20, P20, dan Supreme Audit Institution G20 (SAI20), untuk membangun komitmen yang kuat dalam menyelamatkan nasib dunia melalui keputusan-keputusan dan agenda kerja bersama yang nyata," ucap Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SAI20 di Nusa Dua, Badung, Bali, Selasa.

Puan menambahkan SAI masing-masing negara juga dapat ikut mengambil peran sebagai mitra G20 dalam memastikan peningkatan akuntabilitas dan efektivitas kebijakan global masing masing negara.

Oleh karenanya, lanjut dia, peran tersebut dapat dilaksanakan oleh SAI dengan ikut mengawal keberlanjutan agenda global yang disepakati bersama.

Baca juga: BPK: SAI20 dan P20 dapat berkolaborasi percepat pemulihan ekonomi

Setiap negara memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mengambil langkah-langkah pemulihan ekonomi dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Suistainable Development goals/SDGs).

Melalui kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong, antar-negara diharapkan dapat meningkatkan langkah-langkah yang lebih cepat dalam merespons permasalahan global.

Melalui kewenangan konstitusionalnya, ia menilai pemerintah, parlemen, serta BPK bisa membangun komitmen dalam menjalankan agenda bersama untuk membangun suatu dunia yang sehat, aman, damai dan sejahtera bagi semua.

"Kita hidup di bumi yang sama, oleh karena itu kita perlu mengedepankan kerja bersama, kolaborasi, dan gotong royong membangun dunia yang lebih baik untuk semua," tegas Ketua DPR RI itu.

Baca juga: Wapres: SAI20 jadi langkah awal kolaborasi lembaga audit G20

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022