Badung (ANTARA) - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memperagakan cara mengisi daya kendaraan listrik di hadapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju saat rombongan meninjau kesiapan SPKLU di Nusa Dua, Bali.

Darmawan pada kegiatan itu melaporkan Stasiun Pelayanan Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di depan The Apurva Kempinski Bali, yang rencananya menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, siap mengisi daya kendaraan listrik para delegasi.

"Untuk kesiapan (infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik, red.) kami memasang 66 unit ultra fast charging," kata Darmawan kepada Ma’ruf Amin, sejumlah menteri, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di SPKLU PLN yang terpasang di depan The Apurva Kempinski Bali, Selasa.

Usai melaporkan perkembangan pemasangan SPKLU di kawasan Nusa Dua, Darmawan lanjut mengajak Wapres RI dan sejumlah menteri mencoba langsung mengisi daya kendaraan listrik di SPKLU.

Baca juga: Airlangga: Hampir semua transportasi KTT G20 gunakan mobil listrik

Di depan unit pengisian daya kendaraan listrik, Darmawan menunjukkan langkah-langkah pengisian kepada Ma’ruf Amin dan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Selepas mendengar penjelasan dari Darmawan, Wapres RI pun langsung mencoba mengisi daya kendaraan listrik. Proses pengisian, menurut Ma’ruf Amin, cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk pengisian daya sampai 100 persen.

"Saya tadi menyaksikan (cara kerja, red.) stasiun pengisian mobil listrik, dan semuanya diatur sangat canggih dan otomatis," kata Ma’ruf Amin selepas mengecek SPKLU di depan The Apurva Kempinski Bali.

Ia pun optimistis seluruh persiapan yang menunjang operasional kendaraan listrik delegasi dan pihak lain dapat rampung sebelum KTT G20 pada 15–16 November 2022.

Sementara itu, selepas kegiatan, Dirut PLN menyampaikan total ada 70 unit SPKLU ultra fast charging yang tersedia untuk KTT G20.

Baca juga: Wapres: KTT G20 awali gerakan konversi kendaraan listrik di Indonesia

Dari jumlah itu, 66 unit SPKLU ultra fast charging kapasitas 200 kilowatt (kW) terpasang di Central Park ITDC Nusa Dua dan di depan The Apurva Kempinski Bali, sementara empat unit sisanya berstatus cadangan.

Di luar itu, terdapat 24 unit SPKLU kapasitas 120 kW yang disiapkan oleh Toyota.

Kemudian, ada 200 unit pengisian home charging yang pemasangannya saat ini mencapai 94,5 persen. Artinya, 140 unit home charging telah terpasang, dan sisanya ditargetkan rampung pada minggu ke-4 September 2022.

Sebanyak 200 unit home charging itu bakal tersedia di beberapa lokasi di Nusa Dua, di antaranya di Hotel Nusa Dua Beach (10 unit), Hotel St. Regis (16 unit), Hotel Grand Hyatt (11 unit), Hotel Merusaka (12 unit), Hotel The Laguna (15 unit), The Westin Resort (28 unit), The Ritz Carlton (25 unit), Hotel Hilton (10 unit), Hotel Samabe (13 unit), dan di area parkir sekitar BNDCC (60 unit).

Baca juga: Toyota kerahkan 143 mobil listrik Lexus UX-300e dukung KTT G20

Baca juga: PLN sediakan 70 unit SPKLU pengisian sangat cepat saat KTT G20 di Bali

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022