"Kami berharap Polsub Sektor ini segera dapat menjadi Polsek sehingga lebih konsisten memberikan pelayanan di Kecamatan Pariaman Utara," katanya.
Pariaman (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, meminta pihak kepolisian mendirikan kepolisian sektor (Polsek) di setiap kecamatan di daerah itu guna meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Kami telah diskusi dengan Kapolres Pariaman terkait dengan setiap kecamatan di Pariaman memiliki Polsek," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya siap membantu mendirikan Polsek di setiap kecamatan guna mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat serta meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Saat ini Pariaman baru memiliki satu Polsek dan satu Polsub Sektor Pariaman Utara untuk melayani masyarakat di empat kecamatan. Polsub Sektor tersebut pun baru diresmikan kemarin oleh kepolisian setempat.

"Kami berharap Polsub Sektor ini segera dapat menjadi Polsek sehingga lebih konsisten memberikan pelayanan di Kecamatan Pariaman Utara," katanya.

Untuk diketahui, Kecamatan Pariaman Tengah terdapat Polsek Pariaman dan Kecamatan Pariaman Utara terdapat Polsub Sektor sedangkan kecamatan lainnya yaitu Pariaman Selatan dan Timur belum memiliki baik Polsek maupun Polsub Sektor.

"Dengan adanya Polsek di setiap kecamatan maka dapat dipastikan pemerintah telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat (bidang keamanan dan ketertiban) di setiap kecamatan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis mengatakan pihaknya menyadari daerah itu masih kurang dalam hal jumlah Polsek karena seharusnya setiap kecamatan harus memiliki satu Polsek.

"Saat ini empat kecamatan di Pariaman hanya dibawahi satu Polsek, oleh karena itu kami juga meminta Pemkot Pariaman agar menyediakan lahan untuk dibangun Polsek," kata dia.

Ia menyampaikan setelah lahan tersedia maka pihaknya akan membangun Polsub Sektor yang kemudian ditingkatkan menjadi Polsek.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Priyaldi mengatakan dengan adanya kepolisian di suatu daerah maka akan lebih mudah dan menjangkau masyarakat dalam upaya meningkatkan pembinaan keamanan dan ketertiban.

"Bukti kami mendukung adanya kepolisian di daerah yaitu dengan memberikan lahan kepada kepolisian untuk mendirikan Polsub Sektor," tambahnya

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022