Fitch Rating memberikan peringkat "outlook stable" atau BBB kepada Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mempromosikan proyek-proyek investasi Jakarta melalui lima kantor perwakilan di luar negeri untuk mendongkrak penanaman modal asing.

"Untuk mempromosikan proyek strategis di Pemprov DKI Jakarta khususnya dan Indonesia," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko pada pembukaan Jakarta Investment Forum (JIF) 2022 di Jakarta, Kamis.

Adapun lima kantor perwakilan BI di luar negeri itu yakni di Singapura, London, Tokyo, Beijing, dan New York.

Dalam JIF 2022, Pemprov DKI menawarkan 15 proyek yang seluruhnya berbasis ramah lingkungan atau green investment.

Onny menilai proyek tersebut diyakini akan menarik minat investor asing karena saat ini proyek semacam itu tak hanya terus bertumbuh tapi juga menjadi tren.

"Proyek seperti itu menjadi trending dan menarik investor dunia," ucapnya.

Selain menjadi tren, bank sentral itu juga optimistis menarik investor karena lembaga rating, Fitch Rating memberikan peringkat "outlook stable" atau BBB kepada Indonesia.

Nilai tambah itu diharapkan memberikan kepercayaan kepada pemilik modal berinvestasi di Tanah Air termasuk di Jakarta.

"JIF ini merupakan forum luar biasa karena momen tepat yang pertama, kondisi ekonomi Jakarta dan Indonesia bagus dibandingkan negara lain, kedua adalah investasi mulai menggeliat," ucapnya.

Onny juga optimis proyek infrastruktur di Jakarta itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota yang saat ini menunjukkan tren positif dengan capaian pada triwulan II-2022 mencapai 5,59 persen.

Pemprov DKI Jakarta mengadakan ajang investasi dengan menawarkan 15 proyek ramah lingkungan oleh tujuh BUMD DKI Jakarta.

Adapun 15 proyek itu adalah Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, LRT Jakarta Fase 2A (Jakarta International Stadium-Rajawali), LRT Jakarta Fase 3A (Jakarta International Stadium-Rajawali).

Kemudian, MRT Fase 3 (timur-barat), MRT Fase 4 (Fatmawati-TMII), South Jakarta Mix-Used Development, Bus Listrik TransJakarta, Stasiun Pengisian Baterai, Pulau Seribu-Eco Resort dan Eco Theme Park dan wisata medis bagi lansia.

Selanjutnya, Landmark Jakarta, Sentra Primer Tanah Abang, PLTS Atap, Instalasi Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) dan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Masterplan Inc Plot 4 Project.
Baca juga: Anies undang investor dunia untuk kolaborasi bangun Jakarta lewat JIF
Baca juga: Anies ajak para dubes bantu promosikan potensi investasi di Jakarta
Baca juga: Pemprov DKI tawarkan 15 proyek kepada investor JIF 2022

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022