Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan 21 proyek prioritas kepada para investor dalam gelaran Jakarta Investment Forum 2023 (JIF) yang digelar pekan ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra menyebut forum bisnis dan investasi tahunan di Jakarta itu digelar dengan tema “Global City and Beyond” yang diusung untuk mendukung komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

“Tema JIF 2023 diangkat sejalan dengan semangat Jakarta untuk memperkuat posisinya sebagai global city pasca rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara,” jelas Benni.

Benni mengungkapkan, JIF 2023 telah mengundang mitra potensial nasional maupun internasional untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jakarta ke depan. Dengan keterlibatan para investor potensial itu, diharapkan dapat memperkuat peran Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis, tak hanya secara nasional melainkan juga di tatanan regional dan global.

Sementara itu, Kepala Jakarta Investment Centre (JIC), Tona Hutauruk, menjelaskan bahwa JIF 2023 juga akan dilengkapi dengan diskusi plenary, diskusi tematik, dan workshop. Berbagai pembicara nasional dan internasional dari berbagai latar belakang akan hadir untuk memperkaya diskusi terkait rencana pembangunan Jakarta ke depan.

“JIF 2023 direncanakan akan dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono," kata Tona.

Kegiatan, lanjut dia, kemudian akan dilanjutkan dengan diskusi utama yang mengangkat tema Global City and Beyond serta diikuti oleh diskusi tematik mengenai kendaraan listrik (EV), pembangunan infrastruktur dan investasi hijau di Jakarta.

Tona menyebut pada gelaran JIF tahun ini, pihaknya juga menyediakan sesi Workshop Sustainability Reporting for Companies terkait penyusunan dokumen Sustainability Report (Laporan Keberlanjutan) bagi para pengusaha di Jakarta yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penyusunan dokumen mengenai praktik-praktik dan visi berkelanjutan yang
dilakukan oleh perusahaan.

“JIF 2023 akan menghadirkan 21 proyek investasi dari 5 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yaitu PT MRT Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP),” pungkas Tona.

Diketahui, proyek yang dipamerkan dan ditawarkan dalam JIF 2023 antara lain: Fatmawati Extended Concourse, Bundaran HI Extended Concourse, Dukuh Atas Pedestrian Deck,
Blok M Mixed Use, Fatmawati Mixed Use, Lot A Ancol Residential Development,  Lot B Ancol Mixed-Use Development, West Ancol Mixed-Use Development, East Ancol Mixed-Use Development dan BRT Transjakarta Shelter.

Ada juga New Maria Ancol, Exopark Mixed-Use Development, Ancol Hotel, Putri Duyung Resort,  Pedestrian Shelter Redevelopment,  Depo LRT Development, JIEP Lot 4 Project, Medical dan Biomedical Waste Facilities, Regional Waste Processing Facilities, Green Shelter Electricity hingga LRT Jakarta Phase 2A-2B.

Baca juga: Rotterdam ingatkan pentingnya pengelola pasar datangkan investor

Baca juga: Tiga BUMD DKI teken kerja sama dengan investor asing di JIF 2022

Baca juga: DPMPTSP mencatat 41 investor jajaki garap 15 proyek di ajang JIF 2022

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023