Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengenang Albert Hasibuan yang merupakan salah satu pendiri PAN sebagai seorang pendekar demokrasi dan hukum.

"Pak Albert Hasibuan adalah pendekar demokrasi dan hukum. Seorang figur teladan yang memperjuangkan demokrasi, hak asasi manusia, dan kebebasan," katanya yang juga menjabat Ketua Umum DPP PAN dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menyebut bahwa mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Periode 2012-2015 itu menjadi salah satu figur pendiri partai yang membangun tonggak atas nilai-nilai PAN yang inklusif, menghargai keberagaman, dan kemanusiaan.

Baca juga: Zulkifli Hasan berharap calon presiden lebih dari dua pasang

"PAN saat ini tetap akan menjaga misi suci partai dalam perjuangan politiknya, sebagaimana yang telah diperjuangkan Pak Albert Hasibuan," ucapnya.

Zulkifli mengucapkan berbelasungkawa serta menyampaikan bahwa keluarga besar PAN di seluruh Indonesia merasa kehilangan dan berdukacita atas wafatnya Albert Hasibuan.

Baca juga: Zulhas safari politik dan konsolidasi kader di Jember
Baca juga: Zulkifli Hasan akhiri safari politik kebangsaan di Pulau Madura


"Selamat jalan Pak Albert, damai dan bahagia hidupmu bersama Tuhan di alam keabadian," ujar Zulkifli.

Salah satu pendiri PAN Albert Hasibuan tutup usia pada hari ini (Kamis) dalam usia ke-83 tahun. Selain pernah menjabat sebagai anggota Wantimpres, semasa hidupnya ia pernah menjadi anggota Komnas HAM dan bertugas sebagai Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta Kasus Semanggi I dan Semanggi II.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022