Jakarta (ANTARA) - Papua Muda Inspiratif (PMI) menyampaikan sejumlah perkembangan program kerja dalam rangka mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat Papua kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koordinator PMI Papua, Neil Leonardo Aiwoy, mengungkapkan, beberapa laporan mereka diantaranya pembangunan Gedung Poros Kreatif Pemuda Papua (Papua Youth Creative Hub/PYCH) telah mencapai 80 persen.

"Ditargetkan akan selesai pada Oktober 2022," kata dia, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jokowi sempat kunjungi masjid dan gereja bawah tanah di Papua

Ia menyatakan laporan itu disampaikan saat Jokowi mengunjungi gerai UMKM PMI di Gor Toware, Jayapura, Rabu (31/8/2022). UMKM PMI kala itu menyampaikan langsung ke Jokowi diwakili Manajer Proyek Bidang UMKM, Elia Musa Rawar.

Menurut Aiwoy, merespon apa yang disampaikan UMKM PMI, Jokowi menyampaikan kepada UMKM PMI akan meresmikan Gedung Poros Kreatif Pemuda Papua pada Oktober 2022.

Terkait dengan ketahanan pangan nasional salah satunya melalui penanaman jagung, UMKM PMI menyampaikan kepada Jokowi bahwa progres program penanaman jagung nasional sudah terbuka lahan siap tanam 50 Hektare dan telah ditanami bibit jagung seluas kurang lebih 40 Hektare dari total lahan yang tersedia seluas 84 Hektare.

Baca juga: Presiden luncurkan teknologi 5G mining PTFI di Papua

"Presiden menyampaikan akan kembali ke Papua pada bulan Oktober 2022 untuk meresmikan bangunan Gedung Poros Kreatif Pemuda Papua dan memanen jagung pada kebun yang saat ini telah dikerjakan oleh PMI," tutur Neil.

Saat kunjungan Jokowi ke gerai UMKM PMI, ada 10 produk unggulan UMKM binaan PMI yang ditampilkan, diantaranya kopi, produk minuman jagung, minuman sari kacang hijau, minuman strawberi, sari buah nanas, keladi tumbuk, tepung sagu, kerajinan tangan, noken, dan aksesoris Papua lain. Dalam kesempatan yg sama UMKM PMI juga mengenalkan produk KOPDAR (Kopi Papua Muda Inspiratif).

Baca juga: Jokowi minta UMKM di Papua manfaatkan NIB untuk tambah modal

UMKM PMI merupakan binaan Badan Intelijen Negara yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Kesejahteraan tanah Papua sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09/2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022