Medan (ANTARA) - Polres Toba memantau ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, sehubungan beredar informasi akan ada kenaikan harga BBM.

"Pemantauan itu sesuai arahan dari Polda Sumatera Utara untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM," kata Kepala Seksi Humas Polres Toba, Inspektur Polisi Satu B Samosir, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Baca juga: Pengamat: Penyesuaian harga BBM hindari krisis lebih besar

Dalam pengarahannya kepada seluruh jajaran Polres Toba baik Polsek yang ada SPBU di wilayahnya, kata dia, kepala Polres Toba menekankan personel untuk berkoordinasi dan memetakan kerawanan kelangkaan BBM dan mengimbau masyarakat tetap tenang dan jangan mudah diprovokasi.

Baca juga: Pengamat: skema pemberian bansos disesuaikan dengan kondisi masyarakat

Menyikapi pengarahan itu, kata dia, Polsek Balige, Polsek Laguboti, Polsek Porsea, dan Polsek Lumban Julu langsung bergerak turun ke SPBU berpatroli, memantau, dan berkoordinasi dengan pihak SPBU dalam mengantisipasi ketersediaan BBM dan penyalahgunaan BBM subsidi tepat sasaran.

"Langkah-langkah yang dilaksanakan personel turun ke SPBU yang ada di wilayah Polres Toba merupakan upaya antisipasi dan pencegahan serta menjaga situasi kamtibmas," kata Samosir.

Baca juga: Ekonom sarankan penetapan harga BBM harus mengacu harga minyak global

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022