Tidak ada korban jiwa pada kejadian kebakaran yang terjadi pada pukul 18.30 WIB tersebut.
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Hasil pendataan kasus kebakaran pada Sabtu (3/9) yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sebanyak 116 kios dan 21 toko yang berada di Pasar Lettu Bakri, Kota Sukabumi, Jawa Barat ludes terbakar.

"Tidak ada korban jiwa pada kejadian kebakaran yang terjadi pada pukul 18.30 WIB tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Whardani, di Sukabumi, Minggu.

Namun, menurut Imran hingga saat ini belum diketahui total kerugian yang dialami pedagang akibat bencana kebakaran itu. Tetapi dilihat dari banyaknya kios dan lapak yang terbakar, bahkan beberapa di antaranya ada pedagang yang tidak berhasil menyelamatkan barang dagangannya diperkirakan kerugiannya bisa mencapai lebih dari satu miliar rupiah.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan dari sejumlah saksi terkait awal mula kebakaran yang terjadi di Jalan Lettu Bakri, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong tersebut.

Menurut dia, pada kebakaran itu api dengan cepat menjalar dari satu bangunan ke bangunan lainnya, karena terdapat banyak barang mudah terbakar apalagi kios yang rangka bangunannya mayoritas terbuat dari kayu.

Pada proses pemadaman api diturunkan sebanyak sembilan unit kendaraan pemadam kebakaran terdiri dari enam unit mobil damkar dari Kota Sukabumi dan tiga unit lainnya merupakan bantuan dari Kabupaten Sukabumi. Adapun durasi pemadaman sekitar dua jam 10 menit.

Pada sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak beropini atau termakan isu-isu hoaks atau informasi yang tidak bertanggung jawab penyebab terjadinya kebakaran itu, karena kasus ini sudah ditangani pihak kepolisian.
Baca juga: Sejumlah kios pedagang di tempat penampungan Pasar Cibadak terbakar
Baca juga: Damkar padamkan kebakaran lapak dan kios Pasar Lettu Bakri Sukabumi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022