Jakarta (ANTARA) - Pakar leksikologi mengatakan bahwa  dimasukkannya sejumlah besar frasa dan kata kunci yang berkaitan dengan ekonomi mencerminkan kemajuan dan keuntungan ekonomi China.

Wang Xiaosong, seorang profesor di Universitas Renmin China, mengatakan revisi yang tepat waktu terhadap kamus Bahasa Mandarin edisi terbaru, yang mendokumentasikan evolusi masyarakat, dapat memenuhi kebutuhan referensi penggunanya dan mencerminkan transformasi China. 

Frasa-frasa seperti "normal baru," "zona perdagangan bebas," "netralitas karbon," "komputasi awan," dan "pembayaran seluler" telah dimasukkan ke dalam kamus tersebut.

Zhang Yiwu, seorang profesor bahasa dan sastra Mandarin di Universitas Peking, mengatakan bahwa versi terbaru dari kamus ini menunjukkan dua tren utama, yakni upaya untuk mewujudkan target ramah lingkungan dan rendah karbon dalam hal ekonomi maupun kehidupan sosial, serta dampak yang signifikan dari internet terhadap kehidupan sehari-hari.

Menurut Li Xingjian, kepala editor untuk kamus ini, edisi terbaru kamus tersebut berisi lebih dari 12.000 karakter dan sekitar 72.000 frasa yang menyajikan gambaran komprehensif dari kosakata bahasa Mandarin kontemporer.






 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022