Jakarta (ANTARA) - Frances Tiafoe yakin petenis generasi baru siap mengambil alih dominasi "Big Three" setelah kekalahan mengejutkan Rafael Nadal di US Open, Senin waktu setempat.

Tiafoe membuat kejutan terbesar dalam turnamen sejauh ini dengan penampilan memukau untuk membuat Nadal tersingkir -- kekalahan paling awal yang pernah dialami petenis Spanyol itu di US Open sejak 2016.

Kekalahan Nadal 6-4 4-6 6-4 6-3, dan tersingkirnya Serena Williams di sektor putri pekan lalu, adalah bukti lebih lanjut bahwa era keemasan mereka segera berakhir.

US Open tahun ini menandai pertama kalinya sejak 2003 bahwa setidaknya satu dari Williams, Nadal, Roger Federer atau Novak Djokovic tidak tampil di perempat final turnamen Grand Slam.

Tiafoe mengatakan orang-orang seperti dirinya dan Nick Kyrgios, Carlos Alcaraz dan Jannik Sinner siap memanfaatkan momen mereka.

Baca juga: Tiafoe ukir kemenangan terpenting kariernya saat tekuk Tsitsipas

"Senang melihat era baru," kata Tiafoe, seperti disiarkan AFP.

"Saya pikir Nick (Kyrgios) bermain tenis hebat sangat bagus untuk tenis. Anda melihatnya, penonton memadati stadion ketika dia bermain tunggal, ganda, apa pun. Alcaraz adalah pribadi yang hebat. Sinner. Saya sendiri. Orang-orang mendukung saya."

"Anda tahu orang-orang Amerika, Tommy (Paul), (Taylor) Fritzz. Ada banyak orang yang bermain tenis dengan hebat."

"Saya tidak berpikir itu akan menjadi tiga besar. Ini akan seperti 12 besar. Ada banyak orang yang bermain tenis hebat."

"Itu bagus. Pasti Anda punya seseorang yang Anda dukung untuk berada di puncak. Itu masih terjadi. Kita akan lihat siapa orang itu nantinya."

Baca juga: Tiafoe curi perhatian Wimbledon saat akhiri permainan atraktif Bublik

Namun, pada usai laga, Senin, Tiafoe lebih disibukkan dengan masa sekarang dibanding masa depan, menikmati sisa-sisa kemenangan luar biasa atas juara Grand Slam 22 kali, Nadal.

Kerumunan di Stadion Arthur Ashe bersorak kegirangan saat unggulan ke-22 berusia 24 tahun itu membombardir Nadal dengan 18 ace dan 49 winner untuk memastikan kemenangan dalam 3 jam 34 menit.

Kemenangan itu membawa Tiafoe ke babak delapan besar melawan unggulan kesembilan asal Rusia Andrey Rublev pada Rabu waktu setempat atau Kamis WIB.

Baca juga: Rafael Nadal tumbang di tangan Frances Tiafoe

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022