Jakarta (ANTARA/JACX) - Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani di  Sumatera Utara, mendadak jadi bahan perbincangan warganet di Twitter.

Dalam akun resmi Twitter @puanmaharani_ri, Ketua DPP PDI Perjuangan itu mengunggah foto diri sedang menggenggam sekop di ladang dengan pohon di sampingnya dan sejumlah orang di belakangnya.

Tugu Toga Aritonang di Desa Aritonang atau Desa Dolok Ambar, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara turut menjadi latar belakang foto Puan Maharani.

Namun, unggahan foto diri itu lantas mendapatkan suntingan dari salah satu warganet di Twitter yang mengganti latar belakang dan sekitar puan maharani menjadi layar hijau sebagaimana terdapat pada studio foto atau televisi.

Unggahan warganet yang menyunting foto Puan Maharani itu lantas disukai lebih dari 41 ribu pengguna lain Twitter.

Berikut narasi yang disematkan pada unggahan itu:
"Behind the scene (di balik layar)"

Akun pengunggah foto Ketua DPR RI yang disunting dengan latar belakang hijau itu tidak menambahkan narasi lain, tapi sejumlah warganet yang mengomentari foto itu percaya kegiatan Puan Maharani tidak dilakukan di lokasi sebenarnya.

Benarkah kegiatan yang dilakukan Ketua DPR RI Puan Maharani di Sumatera Utara itu merupakan rekayasa dan foto itu diambil dari sebuah studio foto?
 
Unggahan hoaks yang mengubah foto Puan Maharani tidak berada di lokasi kegaiatan di Sumatera Utara, dan seakan berada di studio foto dengan layar hijau (greenscreen). (Twitter)


Penjelasan:
Mengacu laporan ANTARA, foto Ketua DPR RI Puan Maharani dalam kegiatan menanam pohon itu merupakan bagian dari program kegiatan "Dua Kali Tanam Dua Kali Panen" di Sumatera Utara pada awal September 2022.

Program kegiatan itu bertujuan mendorong ketahanan pangan di Indonesia.

Foto serupa yang mirip dengan unggahan pada akun resmi Puan Maharani di Twitter, terdapat pada situs resmi DPR RI.

Dalam siaran pers DPR RI itu, tampak foto Puan juga sedang menggenggam sekop dengan tumpukan tanah di ujung sekop itu.

Puan yang mengenakan baju dan bawahan hitam itu berada di sebuah ladang, dengan pohon di depannya serta sejumlah orang yang juga tampak mengolah tanah berada di belakang.

Foto-foto lain Puan Maharani dengan baju hitam dan bawahan hitam dan berada di Sumatera Utara juga dapat dilihat pada unggahan lain di akun Twitter @puanmaharani_ri.

Dengan demikian, klaim yang menyebut Puan Maharani memanipulasi foto kunjungan di sekitar danau Toba merupakan kabar bohong.

Klaim: Foto Greensceeen Puan Maharani menanam pohon
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Puan sarankan pendidikan Agama Islam dihapus

Cek fakta: Hoaks! PDIP jadi partai terlarang di Sumatera Barat

Baca juga: Hasto beberkan rencana bahasan Puan dengan Airlangga dan Prabowo

Baca juga: Puan diajak berkuda oleh Prabowo saat berkunjung ke Hambalang

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022