Ini merupakan tahun ke-8 sejak BKN Award diluncurkan pada 2015 dengan tujuan memacu kinerja kementerian/lembaga/daerah dalam melaksanakan implementasi manajemen ASN.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah meraih tiga penghargaan dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022

Tiga penghargaan tersebut terdiri atas kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT (Computer Assisted Test), Implementasi Manajemen ASN (Aparatur Sipil Negara) Terbaik, dan Special Mention Pilot Project SIASN (Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara).

"Ini merupakan tahun ke-8 sejak BKN Award diluncurkan pada 2015 dengan tujuan memacu kinerja kementerian/lembaga/daerah dalam melaksanakan implementasi manajemen ASN," kata Sekretaris Kemenkop Arif Rahman Hakim dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemenkop dan WhatsApp bakal luncurkan Chatbot Pelatihan Tumbuh Jagowan

Penghargaan itu diberikan kepada instansi pemerintah yang dinilai berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkup masing-masing. Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.

Penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori utama berupa implementasi manajemen ASN Terbaik.

“Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian, penilaian kompetensi, implementasi penerapan manajemen kinerja, serta penerapan pemanfaatan data-sistem informasi dan CAT,” ungkap dia.

Ketiga, kategori spesial mention yakni pilot project SIASN dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

"Dengan diraihnya tiga penghargaan tersebut, Kemenkop terus berkomitmen untuk meningkatkan Pengelolaan Manajemen ASN dan Pengembangan Sistem Manajemen ASN," ucap Arif.

Baca juga: BNPB raih dua penghargaan BKN Award 2022

Hal itu meliputi penyusunan dan penetapan kebutuhan ASN, pengadaan ASN, pengangkatan ASN, pangkat, jabatan, pola karier, pengembangan karier ASN, mutasi, penilaian kinerja, penggajian, tunjangan dan fasilitas, penghargaan, disiplin, cuti, kode etik, pemberhentian, jaminan pensiun dan hari tua, serta pensiun dan perlindungan.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan dalam acara penganugerahan yang diselenggarakan secara hybrid pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2022 dengan tema “Birokrasi dan Manajemen ASN di Masa Depan”.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022