Jakarta (ANTARA) - Perjalanan luar biasa kesebelasan Tokyo Verdy pada Piala Kaisar Jepang 2022 harus terhenti pada babak delapan besar setelah dikalahkan tim Liga Utama Jepang Kyoto Sanga dengan skor 1-2 pada laga di Stadion Ajinomoto, Rabu.

Berdasarkan data yang dihimpun dari J.League, gol dari Tokyo Verdy yang merupakan tim dari J2 League dicetak Hiroto Taniguchi pada menit 90, sedangkan dua gol tim lawan dicetak oleh Paulinho Boia pada menit 21 dan 53.

Tokyo Verdy pada Piala Kaisar 2022 terbilang menjadi tim penuh kejutan dengan sukses mengalahkan tim besar yang satu level di atasnya pada babak ketiga yakni Kawasaki Frontale yang juga merupakan empat kali juara Meiji Yasuda J1 League dalam lima musim terakhir.

Baca juga: Tim Liga Utama Jepang Urawa Reds menuju terbaik di Asia

Pada laga tersebut, tim yang berstatus tim dari kasta kedua itu ternyata mampu melakukan "pembunuhan raksasa" dengan mengalahkan Frontale di kandang lawan, berkat gol tunggal Ryoga Sato pada menit-69.

Setelah menyingkirkan juara bertahan J1 League, Tokyo Verdy bertemu tim kasta teratas lainnya, Jubilo Iwata, pada babak 16 besar dan meraih kemenangan 2-1 lewat perpanjangan waktu setelah bermain imbang, 1-1 pada waktu normal.

Kemenangan ini kemudian membuat Tokyo Verdy lolos ke perempat final alias delapan besar.

Pada babak delapan besar musim ini, Verdy jadi satu dari dua tim J2 League yang tersisa, bersama dengan Ventforet Kofu. Verdy harus menjamu tim kasta teratas lainnya, Kyoto Sanga, di Stadion Ajinomoto.

Kyoto Sanga pernah sekali juara Piala Kaisar, dan juga merupakan tim promosi di J1 League musim ini setelah musim lalu ada di peringkat kedua J2 League.

Baca juga: Yokohama Marinos bertahan di puncak Liga Utama Jepang

Perjalanan Verdy di Piala Kaisar musim ini kemudian harus terhenti di tangan Kyoto Sanga, yang menang 2-1 di kandang Verdy.

Meski tersingkir pada babak delapan besar, ini merupakan pencapaian terbaik Tokyo Verdy sejak menjadi juara Piala Kaisar pada 2004.

Sepanjang sejarah, Tokyo Verdy (termasuk saat masih bernama Yomiuri FC dan Verdy Kawasaki) pernah lima kali juara Piala Kaisar, yaitu pada musim 1984, 1986-1987, 1987-1988, 1996, dan 2004.

Piala Kaisar sudah berlangsung sejak 1921 dan pada musim 2022 diikuti 47 tim wakil 47 prefektur di Jepang, dengan masing-masing tim adalah juara kualifikasi di masing-masing prefektur. Sedangkan sisanya diisi oleh 18 tim Meiji Yasuda J1 League, 22 tim J2 League, dan satu wakil tim amatir.

Baca juga: Pemain muda binaan J.League yang bermain di liga top Eropa musim ini

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022