Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Asia memperpanjang reli global pada akhir perdagangan Kamis, membuat keuntungan luas ketika harga minyak stabil di level yang lebih rendah yang tidak terlihat sejak sebelum invasi Rusia ke Ukraina, meskipun China merupakan pengecualian karena data yang lemah mengisyaratkan lebih banyak tekanan pada ekonomi yang dilanda COVID.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,57 persen, sementara indeks S&P/ASX 200 Australia berakhir naik 1,77 persen. Indeks Nikkei Jepang ditutup melonjak 2,31 persen, menembus penghalang psikologis 28.000 poin untuk pertama kalinya bulan ini karena eksportir domestik melihat dorongan dari pelemahan yen.

Namun, indeks saham unggulan China CSI300 turun 0,43 persen, setelah rilis data perdagangan yang lebih buruk dari perkiraan pada Rabu (7/9/2022) dan perpanjangan penguncian di kota Chengdu yang menunjukkan tidak ada penurunan dalam kebijakan ketat nol-COVID negara itu.

"Hari ini untuk Asia benar-benar sebuah cerita tentang apakah nol-COVID akan terus berdampak pada ekonomi China, yang tentu saja akan memiliki efek limpahan dalam hal impor," kata Gary Ng, ekonom senior di Natixis di Hong Kong.

Indeks Hang Seng Hang Seng Hong Kong berakhir tergelincir 1,00 persen sedangkan indeks KOSPI Korea Selatan menguat 0,33 persen.

Pasar berjangka menunjuk pada reli yang berlanjut di Eropa pada sesi berikutnya, meskipun ekspektasi kenaikan suku bunga Bank Sentral Eropa (ECB) dan kekhawatiran tentang krisis energi. Euro Stoxx 50 berjangka naik 0,4 persen dan FTSE berjangka naik tipis 0,09 persen.

Sebelumnya, ketiga indeks utama Wall Street membuat keuntungan yang signifikan semalam karena imbal hasil obligasi menurun.

Pasar sedang menunggu pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell di kemudian hari untuk tanda-tanda penurunan dalam pendekatan hawkish bank sentral untuk mengatasi inflasi.

"Saya pikir Powell akan memberi sinyal bahwa keputusan untuk September belum dibuat, tetapi The Fed akan tetap bergantung pada data," tulis analis NatWest Markets Jan Nevruzi dalam sebuah catatan.

Alat Fedwatch CME Group saat ini menunjukkan bahwa ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin ketiga berturut-turut berada di sekitar 76 persen, naik dari 69 persen seminggu yang lalu.

"Pasar mungkin akan mengadopsi pendekatan menunggu dan melihat dalam jangka pendek," kata Ng. "Apakah itu 50 atau 75 basis poin akan menjadi penting, tetapi yang paling penting adalah apakah inflasi dapat mencapai puncaknya, dan bagaimana jalur kenaikan suku bunga Fed ke depan?"

Yen melayang tepat di bawah 144 per dolar setelah melemah hampir sejauh 145 semalam. Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uang mitra dagang utama lainnya, naik sedikit di 109,73.

Euro tergelincir 0,19 persen menjadi 0,99885 dolar, setelah mencapai level terendah 20 tahun di 0,9864 dolar di awal pekan. Bank Sentral Eropa secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) pada Kamis pukul 12.15 GMT untuk melawan inflasi yang tidak terkendali.

Harga minyak sedikit pulih dari penurunan semalam tetapi tetap di bawah 90 dolar AS per barel untuk pertama kalinya sejak awal Februari di tengah kekhawatiran tentang risiko resesi global. Minyak mentah AS naik 0,88 persen menjadi 82,66 dolar AS per barel, sementara minyak mentah Brent naik 0,85 menjadi 88,75 dolar AS per barel.

Harga emas spot turun 0,15 persen menjadi diperdagangkan di 1.715,07 dolar AS per ounce, dan mata uang kripto terkemuka bitcoin terakhir turun 0,29 persen pada 19.326,00 dolar AS.

Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat jelang keputusan suku bunga ECB
Baca juga: Dolar naik jelang keputusan ECB dan pidato Powell, Lowe pukul Aussie
Baca juga: Rupiah menguat seiring fokus pasar ke pertemuan Bank Sentral Eropa

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022