Aksi sikat gigi massal itu ditargetkan dapat memecahkan Rekor MURI sikat gigi massal yang melibatkan 500 ribu anak seluruh Indonesia.
Kota Palu (ANTARA) -
Sebanyak 2.000 anak mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta sikat gigi massal serentak yang digelar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Senin (12/9) 2022.
 
"Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) ke-13 ini serentak kami laksanakan di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Toli-toli, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai," kata Ketua PDGI Sulteng drg.Emma Sukmawati usai peringatan HKGN di SDN 6 Palu, Senin.
 
Ia menjelaskan aksi sikat gigi massal itu ditargetkan dapat memecahkan Rekor MURI sikat gigi massal yang melibatkan 500 ribu anak seluruh Indonesia.
 
Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan setelah aksi sikat gigi itu dapat menjadi contoh kebiasaan positif yaitu dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut secara rutin serta melakukan sikat gigi dua kali sehari, malam sebelum tidur dan sesudah sarapan pagi.

Sementara Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) PDGI Kota Palu, drg.Lutfiah Sahabudin mengatakan sesuai tema Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia, maka pihaknya bertujuan untuk mewujudkan kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anak sejak dini.
 
"Sebab kesehatan gigi dan mulut sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh secara umum dan kegiatan serupa bukan baru pertama kali melainkan sudah berlangsung setiap tahun, akan tetapi sempat ditiadakan karena masih dalam suasana pandemi," katanya.
 
Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Alkhairaat itu menambahkan khusus Kota Palu diikuti oleh 600 anak, sedangkan secara menyeluruh Sulteng diikuti 2.000 anak.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pasca aksi tersebut dapat merangsang anak-anak untuk melakukan secara mandiri, disertai dorongan kuat oleh orang tua.
 
"Agar supaya Kota Palu maupun Sulteng ini memiliki generasi yang peduli terhadap kesehatan diri sendiri kemudian orang lain," demikian drg.Lutfiah.

Baca juga: Delapan ribu siswa SD di Lombok Barat gosok gigi massal

Baca juga: 1.000 siswa SD sikat gigi bersama rayakan HKGN 2022 di Bali

Baca juga: Masih banyak orang yang keliru saat menyikat gigi

Baca juga: FKG UI beri penyuluhan dan pemeriksaan gigi masyarakat Manggarai Barat



 
Anak-anak melakukan aksi sikat gigi massal dalam peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional di SDN 6 Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (12/9/2022). FOTO ANTARA/Muhammad Izfaldi

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022