Seluruh aspirasi ini, akan segera kami sampaikan kepada pihak-pihak yang terkait.
Lampung Timur (ANTARA) - Ratusan personel Polres Lampung Timur, Polda Lampung melakukan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan perangkat desa di Kantor Bupati Lampung Timur dan gedung DPRD setempat, Senin.

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution, didampingi Wakapolres Lampung Timur serta Kabag Ops, Kasat Sabhara, Kasat Intelkam dan Kasi Humas Polres Lampung Timur, berada di lokasi unjuk rasa itu.

Salah seorang juru bicara aksi, Ibrahim menjelaskan bahwa unjuk rasa ini bertujuan untuk menyampaikan aspirasi perangkat desa, dan masyarakat, demi adanya peningkatan kinerja dan tanggung jawab pelayanan pemerintah di Kabupaten Lampung Timur.

Beberapa poin pokok pernyataan sikap yang disampaikan oleh para pengunjuk rasa, yang tergabung dalam Aparatur Pemerintahan Desa Bersatu Kabupaten Lampung Timur ini, antara lain adalah percepatan penerapan Peraturan Bupati Lampung Timur Nomor 02 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Alokasi Dana Desa ADD Tahun 2022.

Kemudian dibayarkannya kewajiban Penghasilan Tetap (SILTAP) aparatur desa di Kabupaten Lampung Timur yang telah tertunggak selama 6 bulan.

"Kami juga mengharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, segera mengeluarkan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD)," katanya pula.

Menyikapi aksi demonstrasi tersebut, Ketua DPRD Lampung Timur H Ali Johan Arif bersama anggota DPRD setempat, didampingi Kapolres Lampung Timur, menemui para pengunjuk rasa, dan menyatakan akan menampung aspirasi yang disampaikan, untuk selanjutnya memperjuangkan agar dapat segera ditindaklanjuti sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Seluruh aspirasi ini, akan segera kami sampaikan kepada pihak-pihak yang terkait, dan tentunya juga akan kami kawal serta perjuangkan, agar dapat direalisasikan sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Ketua DPRD Lampung Timur itu pula.

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution menyampaikan bahwa aksi demonstrasi perangkat desa ini berjalan dengan baik dan lancar, di bawah pengamanan dan pengawalan personel kepolisian, TNI dan Satuan Pol PP Kabupaten Lampung Timur.
Baca juga: Polisi menangkap jaringan pengedar narkoba di Lampung Timur
Baca juga: Polisi Lampung Timur amankan warga yang rusak tempat ibadah

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022