Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan, mendeteksi adanya 58 titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diharapkan segera menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak 58 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 wita," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Senin.

Sebaran 58 titik panas itu telah disampaikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga: BMKG deteksi 15 titik panas di Kaltim

"Sebanyak 58 titik panas yang terpantau hari ini tersebar di lima kabupaten dan satu kota, yakni Kota Balikpapan 1 titik, Kabupaten Paser 2 titik, Kutai Timur 26 titik, Kutai Kartanegara 16 titik, Berau 7 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 6 titik," katanya.

Secara rinci, untuk 1 titik di Balikpapan berada di Kecamatan Balikpapan Kota, 2 titik yang ada di Kabupaten Paser tersebar di Kecamatan Long Ikis dan Muara Komam, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kutai Timur terdeteksi 26 titik panas, tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon ada 5 titik, Busang 15 titik, Kaubun 2 titik, Kecamatan Kaliorang, Kongbeng, Muara Ancalong, dan Kecamatan Telen masing-masing terdeteksi 1 titik.

Untuk 16 titik panas di Kutai Kartanegara tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kembang Janggut terdapat 6 titik, Kecamatan Loa Kulu 1 titik, Kecamatan Muara Kaman 2 titik, dan Kecamatan Tabang terdeteksi 7 titik.

Baca juga: BMKG Balikpapan deteksi 13 titik panas di Kaltim

Baca juga: Di Penajam Paser Utara terpantau empat titik panas


Di Kabupaten Berau yang terdeteksi 7 titik, tersebar pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Biatan dan Segah masing-masing 1 titik, Kecamatan Kelay 2 titik, dan Kecamatan Biduk-Biduk terdeteksi 3 titik panas.

"Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu terdeteksi 6 titik panas, tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Apari terdapat 1 titik dan Kecamatan Long Bagun 5 titik panas," kata Carolina.
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022