Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur telah merampungkan pembangunan Taman Maju Bersama (TMB) dengan menelan biaya sekitar Rp3 miliar yang berlokasi di Gang Sejuk, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengatakan taman itu memiliki sejumlah fasilitas bagi masyarakat.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Taman Melati Cilangkap targetkan 2.500 orang

"TMB Cilangkap ini dilengkapi berbagai fasilitas menarik untuk warga yang berkunjung. Di antaranya ada dermaga, karena lokasi TMB bersinggungan dengan Embung Sejuk," kata Djauhar Arifin di Jakarta, Selasa.

Djauhar menambahkan pembangunan TMB itu dilakukan dengan kolaborasi bersama Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur.

TMB Cilangkap juga terhubung dengan Embung Sejuk sehingga masyarakat dapat menikmati pemandangan embung melalui dermaga yang dilengkapi dengan pagar pengaman hingga tempat duduk.

Djauhar menuturkan lokasi sekitar taman juga disediakan fasilitas berupa area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat di bagian selatan.

Baca juga: Lima taman di Jakarta Timur dibuka kembali untuk umum

Nuansa lingkungan yang asri dan sejuk dapat menjadi daya tarik pengunjung untuk bisa berwisata, bersantai, hingga cocok untuk berswafoto.

Masyarakat juga dapat datang untuk berolahraga karena tersedia fasilitas trek lari yang terdapat di TMB Cilangkap. Walaupun tempat tersebut bersifat ruang terbuka umum, fasilitas pos keamanan juga terdapat di tempat itu.

Fasilitas lainnya yang ada di TMB Cilangkap berupa toilet laki dan perempuan, musholla. Djauhar menyatakan pembukaan taman tersebut masih menunggu peresmian oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, peresmian juga akan direncanakan secara bersamaan dengan TMB se-DKI, yakni TMB Pejatian, Pejaten, Pasar Minggu, dan Jakarta Selatan.

"Kita masih menunggu waktu pak gubernur DKI," ujar Djauhar.

Baca juga: TMII alami lonjakan pengunjung di libur Hari Raya Nyepi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022