Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur melatih warga Jalan Waru RT 04/02 Cilangkap, Kecamatan Cipayung terkait pencegahan kebakaran.

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan kegiatan pelatihan pencegahan kebakaran itu merupakan tindak lanjut usulan warga yang diajukan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) dan surat langsung ke Sudin Gulkarmat.

Baca juga: Jakarta kemarin, anak-anak Ferdy Sambo hingga pelatihan desain kemasan

"Dengan pelatihan dan simulasi ini diharapkan warga dapat memahami tentang teknik pencegahan penanggulangan kebakaran, saat api kecil. Ini sekaligus mengajak warga agar tidak panik atau takut saat menghadapi api," kata Edi Parwoko di Jakarta, Selasa.

Edi menambahkan dalam kegiatan tersebut, para peserta dilatih cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran baik secara teori maupun praktek.

Peserta juga diedukasi cara penggunaan kabel listrik yang aman dan penggunaan instalasi listrik aman. Termasuk juga cara penggunaan kompor gas maupun kompor listrik, agar tidak terjadi kasus kebakaran.

Baca juga: Polisi latih warga Kampung Tangguh Jaya antisipasi kebakaran

Setelah dianggap menguasai secara teori, para peserta diajak praktek melakukan pemadaman api menggunakan handuk dan karung basah.

Kemudian warga juga diajak untuk praktek melakukan pemadaman api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

"Dari pelatihan ini diharapkan kasus kebakaran dapat ditekan semaksimal mungkin. Kalaupun sampai terjadi kasus kebakaran, warga sudah bisa memadamkannya sejak awal," ujar Edi.

Ketua RW 02 Cilangkap Nurito mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi pada jajaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur yang telah memberikan pelatihan pencegahan kebakaran tersebut.

Dia mengatakan dengan pelatihan tersebut membuat warga mengetahui cara pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang sebenarnya.

"Warga sangat antusias karena pelatihan seperti ini memang dibutuhkan warga. Apalagi di sini juga termasuk pemukiman padat penduduk. Namun kita berharap kasus kebakaran itu tidak terjadi di wilayah RW 02 Cilangkap," ujar Nurito.

Baca juga: Gulkarmat DKI rencanakan pelatihan proteksi kebakaran pedagang pasar

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022