Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran dan Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal Untung Budiharto mengapresiasi demonstrasi yang dilakukan buruh, pelajar dan mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, berlangsung kondusif pada Selasa.

Fadil bersama Untung berada di kawasan Patung Kuda untuk mengawal aksi massa berbagai elemen yang berjumlah ribuan orang. Kapolda berterima kasih kepada elemen mahasiswa, buruh serta pelajar yang berdemo secara tertib.

"Mengapa saya mengucapkan terima kasih, karena mahasiswa dan kaum buruh telah menyampaikan pendapatnya dengan tertib," kata Fadil usai massa membubarkan diri.

Senada dengan Fadil, Untung juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada peserta aksi demonstrasi pada Selasa ini yang berlangsung sampai malam hari.

Fadil dan Untung berharap yang terjadi hari ini akan menjadi contoh. Meskipun melibatkan banyak elemen massa, tapi situasi masih bisa kondusif.

Massa yang berasal dari berbagai elemen buruh, mahasiswa hingga pelajar melakukan unjuk rasa di Patung Kuda untuk menyikapi penerapan harga BBM yang baru. Mereka membubarkan diri dari lokasi tersebut Selasa malam mulai pukul 20.00 WIB.

Setelah melalui perdebatan alot dengan pihak Kepolisian di barisan depan, sekitar pukul 20.30 WIB, mobil komando meminta massa untuk merapatkan barisannya dan bersiap untuk pulang.

"Kawan-kawan buruh dan mahasiswa serta pelajar tolong rapatkan barisannya, pastikan rekannya tidak hilang dan semua berkumpul, karena kita segera membubarkan diri," kata suara di dalam mobil komando.
Baca juga: Massa di Patung Kuda bakar ban dan berupaya jebol kawat berduri
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022