Jakar (ANTARA) - Platform kesehatan digital Alodokter meluncurkan fitur terbaru dari Alomedika bernama Alomedika eCourse, universitas daring khusus dokter pertama di Indonesia sehingga para dokter dapat mengakses pengetahuan dan informasi terkini seputar dunia medis dengan mudah dari rumah.

"Alomedika eCourse merupakan bukti nyata Alomedika dalam mewujudkan visinya untuk memberdayakan seluruh dokter di Indonesia dengan menyediakan fasilitas keilmuan serta dukungan untuk profesi melalui Satuan Kredit ProfesiProfes," ujar Senior Vice President Alomedika dr. Andi Marsali dalam keterangannya, diterima di Jakarta pada Rabu.

SKP merupakan bukti keikutsertaan dokter dalam program Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) yang dibutuhkan untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai salah satu syarat memperpanjang Surat Izin Praktik (SIP) dokter.

​​Baca juga: Ini syarat dapatkan paket obat isolasi mandiri gratis di Alodokter

"Kolaborasi kami yang baik dengan IDI memungkinkan ini semua. Ada beberapa cara untuk dapat meraih SKP di Alomedika, seperti dengan menyimak artikel CME, mengikuti program webinar mingguan, dan sekarang dengan mengikuti eCourse," kata Andi.

Alodokter telah mengumpulkan dokter senior dari seluruh spesialis dan cabang ilmu kedokteran untuk memandu modul-modul yang tersedia di Alomedika eCourse.

Semua topik yang terdapat dalam Alomedika eCourse dirangkai khusus untuk dokter Indonesia agar bisa mengikuti tren-tren terbaru dalam dunia medis, seperti treatment terkini, studi-studi teranyar, penemuan-penemuan baru, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, para dokter Indonesia dapat melengkapi ilmu kedokterannya.

Dokter pengajar juga membekali para peserta dengan ilmu praktik guna memastikan peserta benar-benar memahami modul yang disajikan. Semua modul Alomedika eCourse juga memiliki fitur pre-test dan post-test untuk memperkuat ilmu yang diperoleh para dokter peserta.

Semua modul yang ditawarkan oleh Alomedika eCourse termasuk dalam kategori program P2KB, yang berarti dokter peserta akan mendapatkan SKP ketika mereka menyelesaikan modul di Alomedika eCourse. Seluruh poin SKP beserta sertifikat akan secara otomatis tersimpan pada akun dokter dan dapat diunduh ke gadget pribadi dokter.

Untuk memperkaya khazanah topik yang ditawarkan di Alomedika eCourse, para dokter yang tergabung di komunitas Alomedika, yang merupakan forum dokter terbesar di Indonesia, secara aktif berdiskusi mengenai perkembangan ilmu baru di dunia medis.

Selain itu, dokter peserta juga dapat berkontribusi mengajukan topik menarik yang ingin mereka ikuti. Hal inilah memungkinkan eCourse dari Alomedika, untuk terus menghadirkan modul-modul keilmuan yang paling update dan diminati para dokter.

Adapun topik yang kini sudah tersedia di eCourse meliputi Pendekatan Klinis Kasus Nyeri, Penanganan Depresi, Advanced Suturing Course, dan beberapa modul kegawatdaruratan sehari-hari yang dapat diikuti oleh rekan sejawat di seluruh Indonesia.

“Perkembangan dunia medis di era digital ini sangat pesat. Alodokter berharap dapat terus berkembang menjadi partner terbaik dokter Indonesia dalam menyediakan informasi terkini serta fasilitas yang terlengkap secara digital," kata Suci Arumsari, Co-Founder & President Director Alodokter.

"Dokter adalah kunci dalam memberikan fasilitas kesehatan. Semakin berkualitas dokter yang ada dalam suatu masyarakat, maka makin baik pula kualitas kesehatan masyarakat tersebut, yang akan berujung pada kesejahteraan publik. Ini semua sesuai dengan komitmen Alodokter untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Kampanye #SehangatHarapanIbu semangati keluarga untuk punya momongan

Baca juga: Alodokter berkomitmen jaga data pengguna

Baca juga: Kolaborasi Maucash dan Alodokter beri kemudahan cek kesehatan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022