Kupang (ANTARA) - Sebanyak 75 mahasiswa Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan (Unhan) di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, melakukan studi lapangan ke Kapal Patroli Bea Cukai 9006 yang sedang berlabuh di Pelabuhan Atapupu.

Kepala Bea Cukai Atambua I Made Aryana dalam keterangan pers yang diterima di Kupang, Rabu, mengatakan bahwa studi lapangan tersebut sebagai tindak lanjut "sharing session" yang berlangsung dua pekan lalu antara Bea Cukai Atambua dan Unhan.

“Jadi kegiatan studi lapangan itu tindak lanjut dari pertemuan yang sudah kami lakukan sejak dua pekan lalu dengan pihak Unhan,” katanya.

Baca juga: Menhan harap kerja sama Unhan-Rabdan tingkatkan kapabilitas mahasiswa

Ia menjelaskan bahwa sebanyak 75 mahasiswa tersebut terdiri atas 50 mahasiswa Program Studi Permesinan Kapal dan 25 mahasiswa Program Studi Perikanan Tangkap.

Dalam studi banding itu para mahasiswa diberi kesempatan melihat secara langsung seluruh peralatan yang dimiliki Kapal Patroli Bea Cukai 9006.

Selain itu, petugas Bea Cukai yang bertugas di kapal tersebut juga memberikan penjelasan terkait tugas-tugas kepabeanan untuk menyelamatkan hak-hak keuangan negara khususnya di wilayah perairan.

Baca juga: Kapolda NTT sumbangkan ratusan buku untuk Unhan RI di perbatasan

Kapal Patroli Bea Cukai 9006 adalah kapal patroli yang sering digunakan oleh Bea Cukai untuk melakukan patroli dan pengawasan tentang kepabeanan di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Sekretaris Program Studi Permesinan Kapal Politeknik Ben Mboi Unhan Kolonel Laut Ansori yang mendampingi 75 mahasiswa tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bea Cuka Atambua serta seluruh awak Kapal Patroli BC 9006 karena telah bersedia berbagi pengetahuan kepada para mahasiswa mengenai kapal patroli tersebut.

"Ini sebuah pelajaran yang sangat baik bagi mahasiswa kami, agar mereka bisa belajar lebih banyak tentang kepabeanan dan juga fungsi sarana yang dimiliki," kata Ansori.

Baca juga: Bakamla-Universitas Pertahanan kerja sama maritim

Dengan studi lapangan ini, kata dia, mahasiswa Prodi Permesinan Kapal dan Perikanan Tangkap dapat lebih menambah pengetahuan. "Mereka bisa melihat langsung dan mendapat penjelasan tentang sarana kapal yang dimiliki Bea Cukai," katanya.

Ansori berharap kegiatan studi lapangan tersebut bisa berlanjut agar dapat memberikan gambaran dan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa Politeknik Ben Mboi Unhan.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022