Akhirnya setelah penantian selama 15 tahun akhirnya kami bisa keliling Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Grup musik Armada akan mengadakan konser tunggal untuk pertama kalinya yang digelar di 15 kota di Indonesia dalam rangka merayakan hari jadi mereka yang ke-15 tahun.

Kota pertama yang akan didatangi Armada yaitu Medan yang dijadwalkan pada 8 Oktober mendatang. Selanjutnya konser akan digelar di Banyuwangi, Pasuruan, Jambi, dan Lampung. Sementara konser di 10 kota terakhir akan digelar pada awal tahun 2023 dengan Palembang sebagai kota penutup.

“Akhirnya setelah penantian selama 15 tahun akhirnya kami bisa keliling Indonesia dengan tagline konser tunggal. Selama ini kan kami dalam tanda kutip di-hire orang untuk menjadi pengisi acara, tapi kali ini kami yang menyelenggarakan acara konser tunggal. Kami yang bukan sebagai pengisi acara saja tapi yang punya acara,” kata vokalis Armada Rizal saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sempat tertunda, Armada akhirnya rilis album baru "Kita Bersaudara"

Sementara Mai, gitaris Armada, mengaku terharu atas gelaran konser tunggal perdana mereka. Semula ia membayangkan Armada akan konser tunggal saat hari jadi ke-25 sampai ke-30 sehingga tidak menyangka dapat secepat ini.

Andit, drummer Armada, menambahkan bahwa perjalanan Armada yang dilalui selama 15 tahun bukanlah sesuatu yang mudah. Selama kurun waktu tersebut, para personel telah menempa mental dan kedewasaan walaupun harus berkurang menjadi tiga personel dari yang semula lima personel.

“Dan sampai di titik ini pun kami selalu berusaha untuk jalan, berkarya di industri musik Indonesia. Harapan kami sih, sampai di hari tua kami juga masih bisa berkarya, selama kami masih bisa,” kata Andit.

Rizal mengatakan kota-kota yang akan mereka tuju memang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Menyadari Armada merupakan band dari daerah, Rizal mengatakan konser akan melibatkan band lokal di setiap kota yang akan disinggahi. Band lokal berpeluang untuk tampil sebagai pembuka hingga kolaborasi dengan Armada.

VP Content & Project Dev. SRN Entertainment Wahyu NS menambahkan konser Armada tak hanya mengangkat musisi lokal melainkan rencananya juga akan memberikan tempat untuk kesenian atau kebudayaan lokal untuk tampil di panggung, bahkan hingga menghadirkan stan UMKM lokal.

Baca juga: Armada rilis "Hidup di Jalan-Nya" bernuansa ballad

“Jika teman-teman memiliki bakat di musik, tari, kesenian daerah, budaya, dan UMKM, bisa langsung direct message (DM) ke Instagram-nya Armada, SRN Entertainment, atau VNC supaya bisa kami kurasi. Kesempatan terbuka untuk 15 kota yang akan dikunjungi,” katanya.

Wahyu memastikan bahwa tiket konser akan dijual dengan harga terjangkau sesuai dengan target penonton. Rincian harga tiket akan segera diumumkan. Wahyu mengatakan pihaknya menargetkan kapasitas penonton sekitar 10 ribu orang dengan konsep panggung yang didirikan di lapangan terbuka (outdoor).

Ia berharap tur “Konser 15 Tahun Berkarya” ini bisa menjadikan motivasi bagi pegiat karya musik tanah air untuk tetap eksis berkarya. Menurutnya, 15 tahun bukanlah waktu yang pendek untuk sebuah band yang melewati naik dan turunnya perjalanan Armada dan telah banyak pendengar yang memiliki memori yang lekat di setiap lagu-lagunya.

“Dengan adanya konser 15 tahun ini, semua pecinta Armada di sini bisa bersenang-senang, bisa juga bernyanyi bersama, dan juga bisa lebih dekat dengan Armada. Dan pastinya memberikan suatu pengalaman yang berbeda dari konser-konser yang sudah ada,” kata Wahyu.

Baca juga: Armada tetap positif berkarya meski pandemi

Baca juga: Armada tak berniat cari personel baru

Baca juga: Armada rilis "Aku Di Matamu" dalam bahasa Korea

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022