Sangat bisa membantu mengembangkan musik Indonesia ke depan
Jakarta (ANTARA) - Board of Director (BoD) Yayasan Anugerah Musik Indonesia Iman Sastrosatomo menilai bahwa musisi muda Tanah Air yang saat ini banyak bermunculan semakin menjanjikan untuk mengembangkan industri musik Indonesia di masa depan.

Pasalnya, menurut dia, bakat-bakat baru dari para musisi muda saat ini penuh dengan kreativitas serta kerap menghasilkan musik yang unik dan berbeda dari musik-musik yang pernah ada sebelumnya.

"Kita lihat performance-nya mereka bagus sekali dan kreasi mereka itu sangat-sangat menjanjikan dan sangat membanggakan. Sangat bisa membantu mengembangkan musik Indonesia ke depan," kata Iman usai konferensi pers pengumuman nominasi AMI Awards 2022 di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Dwiki Dharmawan ajak musisi ikuti AMI Awards

Selain kreativitas yang semakin berwarna, Iman juga menilai bahwa musisi muda zaman sekarang tidak mengalami hambatan bahasa dalam berkarya. Terbukti, banyak lagu-lagu dari musisi Indonesia yang menggunakan lirik berbahasa Inggris, dan tak sedikit dari lagu-lagu itu yang terpilih menjadi nominasi di AMI Awards 2022.

Menurut Iman, lagu-lagu dengan lirik berbahasa Inggris yang diciptakan oleh musisi Tanah Air sangat baik sebab dapat membuka pasar yang lebih besar ke luar negeri. Apalagi, di zaman sekarang yang teknologinya sudah lebih maju, kata dia, para musisi juga memiliki lebih banyak pilihan untuk menjual karyanya, tidak terbatas pada bentuk CD seperti zaman dulu.

"Sekarang ini sudah tidak seperti dulu pada zaman kita, hanya pakai bahasa Indonesia, terbatas juga dengan bentuk CD. Sekarang batasan itu sudah hampir tidak ada. Kita jadi tertantang untuk tidak kalah dengan negara Asia Tenggara lainnya untuk menembus pasar internasional," ujar Iman.

Baca juga: Reaksi Raisa dapat banyak nominasi AMI Awards (video)

Iman menambahkan, bukti lain bahwa musisi Tanah Air mampu mengembangkan industri dan memiliki karya luar biasa adalah banyaknya nama musisi asal Indonesia yang belakangan menjadi sorotan karena karyanya dikenal luas oleh masyarakat internasional seperti Tulus, NIKI, Rich Brian, Dita Karang, hingga Voice of Baceprot (VoB).

Nama-nama tersebut, menurut Iman, dapat dijadikan acuan dan semangat yang besar bagi musisi Tanah Air lainnya untuk terus produktif dalam menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

"Apalagi kalau kita lihat sekarang, penghasilan para musisi itu sekarang terbuka. Kita bisa lihat di platform-platform tertentu misalnya, kita bisa melihat berapa pendengarnya dan itu tinggi-tinggi sekali. Ini juga bisa menjadi semangat yang besar buat musisi lain untuk tetap berkreasi," imbuh Iman.

Baca juga: Daftar lengkap nominasi Anugerah Musik Indonesia 2022

Baca juga: Yayasan Anugerah Musik Indonesia pilih Candra Darusman jadi ketua umum

Baca juga: Daftar lengkap nominasi AMI Awards 2021

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022