Jakarta (ANTARA) - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerjasama dalam pengembangan Tourism Collaborative Platform untuk mempercepat digitalisasi ekosistem pariwisata.

Plt Direktur Enterprise and Business Service Telkom FM Venusiana R di Jakarta, Rabu, mengungkapkan kolaborasi ini dilakukan dalam rangka mendukung aktivitas pelaku industri pariwisata dan traveler secara end to end, sehingga para pengusaha wisata dan wisatawan dapat merasakan kemudahan pengalaman berwisata melalui suatu platform yang terintegrasi.

“Pengembangan platform ini juga disiapkan untuk mendukung kesuksesan acara Presidensi KTT G20 yang akan diselenggarakan Bulan November mendatang,” kata FM Venusiana.

Baca juga: Kemenparekraf klaim telah perkuat ekosistem pariwisata berkelanjutan

Upaya ini ditunjukkan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Injourney dengan Telkom untuk mengembangkan Tourism Collaborative Platform.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur SDM dan Digital Injourney Herdy Harman dan Plt Direktur Enterprise & Business Service Telkom, FM Venusiana R pada Rabu (13/9) di Kantor Injourney, yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Direktur SDM dan Digital Injourney Herdy Harman mengatakan bahwa sinergi ini merupakan penggabungan kapabilitas bisnis dari Injourney dan Telkom.

Baca juga: Erick Thohir ingin InJourney perkuat ekosistem pariwisata

“Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung merupakan ekosistem pariwisata yang saling terhubung dari hulu ke hilir secara holistik, kolaboratif, dan inklusif meliputi layanan bandar udara dan kargo, destinasi pariwisata, hotel, hingga manajemen retail serta industri kreatif," ujar Herdy.

Injourney memiliki komitmen besar untuk menciptakan pengembangan super platform perjalanan dan pariwisata. Untuk itu, kolaborasi dengan Telkom yang memiliki kapabilitas di bidang jasa layanan teknologi komunikasi dan jaringan telekomunikasi terluas di Indonesia diharapkan mampu menjadi langkah besar kebangkitan sektor aviasi dan pariwisata.

Baca juga: Bangun ekosistem, Holding BUMN Pariwisata siap bersinergi dengan pemda

Platform hasil sinergi Injourney dan Telkom ini akan menyuguhkan sebuah Tourism Collaboration Platform yang menyuguhkan informasi-informasi destinasi wisata secara lengkap dan beragam khususnya di kawasan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas seperti Candi Borobudur, Likupang, Labuan Bajo, Danau Toba, dan Mandalika. Platform ini juga akan memfasilitasi empat pengalaman pariwisata yakni Pre-Journey, Booking, On-Journey, dan Post Journey.

Harapannya, Tourism Collaborative Platform ini dapat meningkatkan pengalaman berwisata baik bagi para wisatawan maupun para pengelola bisnis pariwisata. Selain itu, dengan adanya platform ini dapat meningkatkan nilai devisa pariwisata, kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Pariwisata di Indonesia, serta meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022