Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terus mengawal pelaksanaan sosialisasi Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) pelajar yang diluncurkan beberapa waktu lalu di Jakarta hingga ke daerah yang salah satunya Gorontalo.

Saat di Gorontalo tepatnya di Lapangan Rektorat Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Jumat, Menpora bahkan turun langsung bersama 3.000 peserta yang terdiri dari pelajar SMA 700 siswa, SMP 1.500 siswa, Guru Olahraga 200 orang, dan sisanya mahasiswa.

'Ini merupakan kelanjutan dari dua pekan yang lalu SKJ Pelajar ini saya launching, bahkan masuk rekor Muri peserta terbanyak satu jutaan peserta secara serentak di 405 Kabupaten/Kota," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pada kegiatan di UNG itu, pihak Kemenpora juga melibatkan Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) dengan harapan dapat melanjutkan penyebaran kepada pelajar dan masyarakat sehingga program hulu hilir sebagaimana dalam DBON dapat terealisasi dengan baik, yakni hulunya kebugaran masyarakat dan hilirnya adalah prestasi olahraga.

"Dengan melibatkan perguruan tinggi dan para guru, diharapkan SKJ yang dulu sudah ada sejak 1984 dan sekarang dikemas kekinian, iramanya enak, geraknya enak, dapat diterima pelajar dan masyarakat kembali, apalagi dapat dilakukan oleh pelajar sebelum masuk kelas seperti dulu, itu ada peran para guru khususnya guru olahraga," katanya.

Baca juga: Senam Kebugaran Jasmani Pelajar dapat penghargaan MURI

Sebelumnya Ketua PGRI Gorontalo yang juga Rektor UNG Eduart Wolok menyampaikan rasa bangga atas kebersamaan Menpora dan para pejabat daerah untuk bersama bersenam SKJ. Dengan demikian diharapkan SKJ yang sudah dimodifikasi kekinian ini dapat segera menyebar ke seluruh Tanah Air.

"Sebuah kebanggaan buat kita ketika Pak Menpora beserta para Kepala Daerah mau bersama guru-guru dan juga para siswa melaksanakan bersama untuk senam SKJ untuk kita laksanakan dan promosikan di seluruh Nusantara," katanya.

Setelah memberi sambutan, Ketua PGRI Gorontalo dan Rektor UNG Eduart Wolok bergabung dengan Menpora Zainudin Amali, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer serta Ketua IGORNAS Gorontalo Mohamad Citra Yahya, melakukan senam SKJ bersama para guru, siswa, dan mahasiswa.

Baca juga: Konfigurasi kolosal SKJ pelajar warnai perayaan Haornas 2022
Baca juga: Menpora nilai Festival Sandeq layak dicontoh daerah lain
Baca juga: Wapres harap industri olahraga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022