Jakarta (ANTARA) - China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bersama-sama mengumumkan akan meningkatkan hubungan menjadi kemitraan strategis komprehensif, dan hubungan erat ASEAN dengan China secara efektif mendorong pembangunan ekonomi blok tersebut, kata seorang pengusaha Indonesia.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Xinhua, Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (PERPIT) Abdul Alek Soelystio mengatakan kemitraan strategis komprehensif China-ASEAN mewakili kerja sama yang lebih erat, berlevel lebih tinggi, dan memiliki cakupan yang lebih luas di antara kedua pihak.

"Kerja sama antara China dan ASEAN tidak akan terbatas pada sektor perdagangan barang, tetapi akan diperluas ke kerja sama yang lebih erat dan profesional di bidang perdagangan jasa di masa mendatang," kata pengusaha itu. 
 
Kerja sama antara China dan ASEAN tidak akan terbatas pada sektor perdagangan barang, tetapi akan diperluas ke kerja sama yang lebih erat dan profesional.


Dalam pandangannya, China secara efektif mendorong pembangunan ekonomi ASEAN melalui Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, kerja sama global dalam rantai industri dan rantai pasokan, serta berbagai kebijakan menguntungkan yang dihadirkan oleh Kawasan Perdagangan Bebas China-ASEAN.

Memiliki keunggulan dalam pengembangan pertanian tropis, ASEAN berharap dapat menjalin kerja sama lebih mendalam dengan China di bidang ini untuk mendorong pengolahan produk yang baik, serta efisiensi logistik internasional dan distribusi rantai dingin, katanya.
 
    RCEP mampu mengintegrasikan dana, sumber daya, teknologi profesional, dan layanan, yang membantu membentuk sirkulasi dan ekosistem kerja sama ekonomi regional yang lengkap


Memuji Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang mulai berlaku awal tahun ini, dia mengatakan RCEP mampu mengintegrasikan dana, sumber daya, teknologi profesional, dan layanan, yang membantu membentuk sirkulasi dan ekosistem kerja sama ekonomi regional yang lengkap.

"Kami berharap RCEP dapat mendorong pembangunan ekonomi regional yang berkelanjutan serta mendatangkan stabilitas dan ketertiban di tengah ketidakpastian global," katanya.

Masyarakat ASEAN berharap bahwa ASEAN dan China akan berkolaborasi untuk mengejar pembangunan dan mencapai kesejahteraan bersama, imbuhnya.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022