Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting serta menarik terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 10-16 September 2022.

Antara lain mengenai tingkat keterisian rumah DP Nol Rupiah, massa jabatan Anies-Riza, unjuk rasa kenaikan harga BBM, calon PJ Gubernur DKI, serapan PMD PAM Jaya, sampai pemakaman COVID-19 akan ditata.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. Anies sebut tingkat keterisian rumah DP Rp0 capai 95 persen

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tingkat keterisian rumah dengan uang muka (down payment/DP) Rp0 sudah mencapai 95 persen.

"Bahkan angka keterisian huniannya sudah 95 persen dan ini lebih tinggi dari apartemen yang baru 70 persen. Artinya, kita memiliki 'demand' yang tinggi," kata Anies dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.
Selengkapnya di sini.

2. Menjelang berakhirnya masa jabatan, Riza Patria pamit

Jakarta (ANTARA) - Ahmad Riza Patria menyampaikan pamit dari posisi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta menjelang berakhirnya masa jabatan pada 16 Oktober 2022.

"Saya sekalian pamit tanggal 16 Oktober, Pak Gubernur Anies dengan saya selesai melaksanakan tugas," kata Riza saat memberikan sambutan pada "Cash Free Day" Bank DKI di Thamrin 10, Jakarta, Minggu.
Selengkapnya di sini.

3. Polda Metro tangkap lima penyusup saat ada unjuk rasa di Patung Kuda

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menangkap lima pemuda yang menyusup dan diduga menjadi provokator saat berlangsung unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Senin.

"Ada lima orang pemuda yang bukan merupakan kelompok elemen dari massa aksi yang mencoba menyusup dan provokasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi, Senin.
Selengkapnya di sini.

4. DPRD sepakati tiga nama usulan calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Jakarta (ANTARA) - DPRD DKI Jakarta menyepakati tiga nama untuk diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta dalam rapat pimpinan gabungan (rapimgab) sembilan fraksi.

"Jadi nama yang tersaring untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, pertama Heru Budi Hartono, kedua Marullah Matali, ketiga Bahtiar," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi setelah memimpin Rapimgab DPRD di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa.
Selengkapnya di sini.

5. PAM Jaya akui serapan PMD 36 persen karena masalah teritorial

Jakarta (ANTARA) - Perumda Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya mengakui bahwa penyebab serapan penyertaan modal daerah (PMD) dari pemerintah provinsi baru 36 persen secara total pada periode 2014-2021 karena masalah teritorial.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasrudin saat di Komisi B DPRD Jakarta, Rabu, menyebutkan bahwa permasalahan teritorial tersebut, sehubungan dengan adanya perjanjian kerja sama (PKS) antara pihaknya dengan mitra swasta, yakni Aetra dan PALYJA yang memang diamanatkan untuk melakukan pengembangan infrastruktur air perpipaan.
Selengkapnya di sini.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (kanan) berfoto bersama usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). . ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc
6. KSP sebut penyesuaian harga BBM dipicu dari krisis ekonomi dunia

Jakarta (ANTARA) - Seiring gelombang unjuk rasa di berbagai daerah soal kenaikan harga BBM, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menyebut kebijakan tersebut terpaksa diambil pemerintah karena dipicu krisis ekonomi dunia.

Krisis, kata dia, seperti COVID-19 namun yang dihantam berbeda di mana ketika pandemi yang dihantam kesehatan, sedangkan krisis kali ini yang dihantam ada tiga yakni energi, pangan, dan keuangan.
Selengkapnya di sini.

7. Permakaman COVID-19 di TPU Bambu Apus akan ditata

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur menyiapkan program penataan kawasan permakaman warga korban COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Djauhar Arifin mengatakan program penataan makam yang disebut 'Plakatisasi TPU' itu akan dimulai pada bulan Oktober 2022.
Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022