Makassar (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Sulawesi Selatan, menggandeng forum RT dan RW untuk membantu pengawasan kelayakan penerima bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) oleh Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia.

Kepala Dinsos Kota Makassar Aulia Arsyad di Makassar, Minggu, mengatakan RT dan RW sengaja dilibatkan melakukan pendampingan saat penyaluran undangan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT BBM.

Baca juga: Ratusan nelayan di Makassar terima BLT BBM

"Kita berharap ikut memantau (kelayakan penerima) bersama pendamping sosial untuk memastikan memang tepat sasaran," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika di lapangan sudah tidak ditemukan orang yang dimaksud atau pindah, meninggal dunia, hingga tidak layak lagi menerima bantuan, maka undangannya akan dikembalikan ke kantor Pos.

Baca juga: PT Pos Sulteng: 87.689 KPM telah menerima BLT BBM-sembako

"Selanjutnya akan diberikan berita acara di kantor kelurahan setempat. Intinya kita ingin pastikan penerima BLT memang tepat sasaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel Andi Irawan Bintang mengatakan berdasarkan data yang diterima, terdapat sebanyak 396.148 KPM BLT tersebut.

Baca juga: Dinas Sosial Paser salurkan BLT ke 10.488 warga tidak mampu

"Khusus Makassar sebanyak 27.731 yang masuk sebagai penerima bantuan. Angka ini dapat berubah tergantung kondisi di lapangan," katanya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022