Jakarta (ANTARA) - Perjudian Jaya Hartono mengubah formasi yang diterapkannya di Sulut United berbuah manis dengan keberhasilan pasukan Hiu Utara mengantungi kemenangan perdana mereka di Liga 2 Indonesia Grup Timur musim ini.

Sulut United meraih kemenangan pertama mereka dengan menundukkan Persiba Balikpapan 2-0 berkat gol-gol Rizky Dwi Pangestu dan Eskel Runtukahu di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (17/9) kemarin.

Jaya secara spesifik menyebut langkahnya mengubah formasi dari 4-3-3, yang biasa dipakai di laga-laga sebelumnya, menjadi 4-4-2 sebagai kunci utama kemenangan perdana Sulut United musim ini.

"Kami bisa meraih poin penuh karena adanya perubahan yang kami lakukan. Ini hasilnya signifikan. Jadi saya pakai 4-4-2 dan ini adalah sepak bola yang menyerang," kata Jaya dalam komentar selepas pertandingan yang disiarkan situs resmi Liga Indonesia, Minggu.

"Selama ini kan kami hanya pakai 4-3-3, jadi kami hanya punya satu penyerang. Akhirnya saya ubah sistem ini dengan dua penyerang, dan hasilnya cukup bagus," sambung dia.

Baca juga: Sulut United kalahkan Persiba 2-0

Meski dapat mengamankan kemenangan, pelatih kelahiran Medan itu menjelaskan dirinya sempat memiliki kekhawatiran jelang akhir pertandingan karena tenaga anak asuhnya sempat terkuras.

Menurut Jaya hal itu nyaris dimanfaatkan oleh Persiba, namun pada akhirnya skuad Sulut United mampu mengamankan kemenangan setelah ia melakukan beberapa pergantian pemain.

Sang pelatih berusia 58 tahun bersyukur skema pergantian pemain tersebut tidak mengurangi kualitas permainan yang sudah ditampilkan Sulut United sejak awal sehingga timnya mampu mendulang tiga poin ketika peluit panjang berbunyi.

"Dengan pergantian pemain yang saya lakukan, kondisi tim akhirnya tetap stabil. Kami bisa bertahan dan mempertahankan kemenangan 2-0 di kandang sendiri," ungkap Jaya.

Kemenangan perdana belum cukup mengubah posisi Sulut United yang menempati urutan kedelapan klasemen Grup Timur dengan koleksi tiga poin.

Sulut United selanjutnya dijadwalkan melawat ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menantang Deltras Sidoarjo pada Kamis (22/9) pekan depan.

Baca juga: Pelatih Deltras puji permainan anak asuhnya meski kalah dari Persipura
Baca juga: PSBS Biak berbagi poin dengan Persewar seusai main imbang tanpa gol

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022