Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Prof Dr Unti Ludigdo mengatakan pihaknya menargetkan medali emas di seluruh kategori lomba Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) 2022 yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta.

“Jika tahun lalu Vokasi UB memperoleh medali terbanyak dalam Olivia 2021 dengan perolehan empat medali emas dan lima medali perak, maka tahun ini Vokasi UB menargetkan medali emas di seluruh kategori lomba,” ujar Unti di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dekan UB: Pendidikan vokasi harus berorientasi keahlian dan kepakaran

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya melakukan pendampingan yang lebih intensif pada 2022. Olivia merupakan perlombaan rutin tahunan antarperguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia. Olivia merupakan bagian dari agenda tahunan dari Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI).

Pada tahun 2022, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadii tuan rumah Olivia dengan mengusung tema “Realizing Creativity and Sustainable Excellence Innovation After Pandemic Through Vocational Higher Education”.

Baca juga: Good Performance jadi syarat masuk bagi mahasiswa baru perbankan UB

Terdapat 13 kategori yang dilombakan mulai dari Kontrol dan Instrumentasi (Kategori Pendidikan dan Kategori Instrumentasi), Ekonomi Kreatif Digital (Business Plan Competition dan Business Case Competition), Kategori Desain Website, Cipta Menu dan Resep, hingga Cipta Karya Terapi Latihan.

“Melalui olimpiade ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan prestasi mahasiswa vokasi di seluruh Indonesia,” kata dia.

Pihaknya melakukan pendampingan baik dalam bentuk seminar, workshop, maupun lainnya untuk menarik minat mahasiswa bergabung menjadi peserta Olivia 2022 serta untuk memastikan agar mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik dalam kompetisi tersebut.

Baca juga: Pemerintah gandeng perusahaan/lembaga untuk dukung pendidikan vokasi

“Pendampingan dalam bentuk seminar, workshop, dan pelatihan ini juga secara umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta daya saing mahasiswa Vokasi UB di dunia kerja nanti,” kata Staf Ahli Kemahasiswaan Vokasi UB Kristanto Adi.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022