Kami mengupayakan kemudahan untuk teman-teman jurnalis, terutama asing untuk mendapatkan visa
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengupayakan kemudahan bagi  para jurnalis, terutama asing yang melakukan peliputan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022 dalam mendapatkan visa.

"Kami mengupayakan kemudahan untuk teman-teman jurnalis, terutama asing untuk mendapatkan visa," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), dalam hal ini Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Jadi intinya kita mempermudah perolehan visa," tuturnya dalam konferensi pers Persiapan Registrasi Media dan Mekanisme Peliputan KTT G20.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan pusat informasi untuk media di KTT G20

Dalam kesempatan itu, Usman juga menyampaikan bahwa Kementerian Kominfo menyiapkan media center yang mampu menampung hingga 1.500 jurnalis peliput KTT G20 itu.

"Media center KTT G20 juga terdapat ruang konferensi pers dengan kapasitas 443 orang lengkap dengan penerjemah dalam lima bahasa," katanya.

Ia menambahkan Kementerian Kominfo juga menyediakan fasilitas transportasi berupa shuttle bus yang melayani jurnalis dari pintu komplek area KTT G20 menuju lokasi media center KTT G20.

Baca juga: Kominfo siapkan internet berkecepatan tinggi dukung peliputan KTT G20

"Di dalam komplek itu semuanya pakai mobil listrik. Kita kan ada tema transisi energi, jadi semua pakai mobil listrik," katanya.

Kominfo, lanjut dia, juga menyiapkan siaran pers, hingga agenda jumpa pers dari sejumlah narasumber, baik menteri maupun kepala negara G20.

"Akan ada pernyataan dari sejumlah narasumber, baik menteri atau kepala negara. Nanti kita coba diskusikan supaya nanti teman-teman bisa mendapatkan informasi dari tangan pertama," tuturnya.

Hingga Selasa (20/9) telah terdaftar 750 jurnalis dari 156 media. Dengan rincian 547 jurnalis dari 111 media internasional, dan 203 jurnalis dari 45 media nasional.

Media yang telah terdaftar dapat mengambil ID badge di Courtyard Bali Seminyak Resort dengan menyertakan hasil tes usap antigen yang disediakan di lokasi pengambilan ID badge.

Baca juga: Kominfo dorong badan publik tingkatkan keterbukaan informasi

Baca juga: Komisi I DPR pantau proses migrasi siaran analog ke digital di Sulsel

 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022