Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menghimbau kepada seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di wilayah Bengkulu untuk segera melaksanakan vaksinasi dosis keempat sebab saat ini capaian vaksinasi di Bengkulu mengalami peningkatan meskipun lamban.
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu Oktomi Harlena di Kota Bengkulu, Rabu, mengatakan bahwa saat ini capaian vaksinasi dosis keempat di beberapa wilayah masih rendah.
 
"Saya minta dan menghimbau kepada seluruh tenaga kesehatan untuk segera melaksanakan vaksin dosis keempat agar capaian vaksinasi di Bengkulu tercapai," kata Oktomi.
 
Oleh karena itu, pihaknya mengeluarkan Surat Edaran agar seluruh Dinas Kesehatan tingkat wilayah melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan.

Baca juga: 876 nakes di Bengkulu telah terima vaksin COVID-19 dosis keempat

Baca juga: Bengkulu kembali ajukan penambahan vaksin untuk tenaga kesehatan
 
Sebab saat ini ketersediaan vaksin jenis Pfizer di Bengkulu mencukupi untuk memenuhi capaian vaksinasi dosis keempat.
 
Oktomi menjelaskan, rendahnya capaian vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan disebabkan karena kesibukan nakes dan khawatir tidak dapat masuk kerja.
 
"Oleh karena itu diharapkan agar nakes melaksanakan vaksinasi dosis keempat pada Jum'at agar Sabtu dan Ahad dapat beristirahat," ujarnya.
 
Berikut capaian vaksinasi dosis keempat di Provinsi Bengkulu yang saat ini telah mencapai 2.583 orang atau 16,70 persen.
 
Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 45 tenaga kesehatan atau 2,95 persen, Kabupaten Bengkulu Utara 539 nakes atau 30,01 persen.
 
Kabupaten Rejang Lebong yaitu 155 nakes atau 9,85 persen, Kabupaten Kaur sekitar 80 nakes atau 9,76 persen, Kabupaten Mukomuko yaitu 56 nakes atau 3,65 persen.
 
Kemudian Kabupaten Seluma sekitar 87 nakes atau 7,20 persen, Kabupaten Kepahiang yaitu 315 nakes atau 27,88 persen.
 
Kabupaten Lebong yaitu 81 tenaga kesehatan atau 10,92 persen, Kabupaten Bengkulu Tengah yaitu 632 nakes atau 72,96 persen dan terakhir Kota Bengkulu sekitar 593 nakes atau 13,50 persen.*

Baca juga: Dinkes: 101.368 dosis vaksin COVID-19 di Bengkulu kadaluwarsa

Baca juga: Mukomuko siapkan posko vaksinasi di perbatasan Bengkulu-Sumbar

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022