Berikan stimulan kepada warga
Jakarta (ANTARA) - Kantor Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Utara segera menjadi stimulan gerakan Jakarta Sadar Sampah di Jakarta Utara setelah Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mencanangkan Destinasi Wisata dan Edukasi Pengelolaan Sampah di tempat itu, Rabu (21/9).

"Berikan stimulan kepada warga agar mengedepankan gerakan Jakarta Sadar Sampah, sebagaimana arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan," kata Ali di Jakarta Utara, Jumat.

Gerakan Jakarta Sadar Sampah merupakan gerakan kolaborasi pemerintah bersama masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya secara berkesinambungan dan komprehensif dalam menjaga lingkungan terbebas dari sampah.

Ali berharap, kantor-kantor pemerintahan se-Jakarta Utara nantinya segera menjadi Destinasi Wisata dan Edukasi Pengelolaan Sampah pula, setelah Kantor Sudin LH Jakarta Utara, agar gerakan Jakarta Sadar Sampah kian terealisasi di Jakarta Utara.

Secara teknis, Destinasi Wisata dan Edukasi Pengelolaan Sampah itu terdiri dari edukasi pengolahan sampah organik dan anorganik serta destinasi wisata pengelolaan lingkungan.

Baca juga: Anies resmikan gerakan Jakarta Sadar Sampah di Hari Lingkungan Hidup

Edukasi pengolahan sampah organik antara lain pelatihan pembuatan kompos, eco enzyme, cocopit dari serabut kelapa, serta pengolahan sampah organik dengan larva lalat (Maggot).

Edukasi pengolahan sampah anorganik dan residu antara lain pelatihan pembuatan pot tanaman dari kain dan galon, kostum produk kreatif dari bahan daur ulang, taman saung interaktif dari daur ulang ban bekas, pembuatan tong sedekah sampah, pelatihan pembuatan bangku dari eco-brik, Bank Sampah Berkah Mentari dan pestisida dari puntung rokok.

Selanjutnya, Destinasi Wisata Pengolahan Lingkungan seperti Rumah Ramah Lingkungan dan Pertanian Kota (Green House and Urban Farming), Rumah Anggur, Kolam Ikan Refleksi, Tanaman Buah Dalam Pot (Tambulampot), Lubang Biopori, Kolam Gizi dan Ayam dan Burung Hias, serta Destinasi Wisata Pengolahan Lingkungan lainnya seperti Musala Ramah Lingkungan (Green Mosque), prototipe Rumah Betawi Ramah Lingkungan dan Taman Bacaan Hijau.

Pencanangan destinasi wisata dan edukasi pengelolaan sampah di Kantor Sudin LH Jakarta Utara pada Rabu (21/9) ditandai dengan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian pengaktifan truk sampah organik serta panen anggur jenis Jupiter dan ikan mas.

Baca juga: Anies senang warga antusias ikut Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022