Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting serta menarik, terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 17 September 2022 sampai dengan 23 September 2022.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang informatif, menarik dan layak untuk diulas kembali antara lain mengenai penggunaan kendaraan listrik oleh Pemprov mulai 2023, kebakaran Mal Grand Indonesia, penemuan cagar budaya pada proyek MRT, hingga komersialisasi di Taman Ismail Marzuki.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. DKI gunakan 200 kendaraan listrik pada 2023 demi kualitas udara

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggunakan 200 unit kendaraan listrik mulai digunakan pada 2023 untuk mendukung peningkatan kualitas udara.

"Tahun depan akan kami siapkan tidak kurang dari 100 dan juga kendaraan roda dua tidak kurang dari 100," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria pada peringatan Hari Perhubungan Nasional di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

2. Panel listrik mall Grand Indonesia terbakar

Jakarta (ANTARA) - Panel listrik gedung Mall Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Barat terbakar, Minggu.

"Yang terbakar Panel Listrik Lantai 10," kata kepala Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Mulat Wijayanto membenarkan.

Selengkapnya di sini.

3. DKI targetkan penurunan 41 persen polutan PM2,5 pada 2030

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan penurunan 41 persen polutan berbahaya PM2,5 pada 2030 melalui tiga strategi dan 75 rencana aksi pengendalian pencemaran udara.

"PM2,5 ini menimbulkan dampak kesehatan yang parah baik untuk jangka pendek dan jangka panjang," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam paparan publik strategi pengendalian pencemaran udara di Balai Kota Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

4. PT MRT Jakarta temukan cagar budaya pada pembangunan MRT fase 2

Jakarta (ANTARA) - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menemukan beberapa cagar budaya saat pembangunan MRT fase 2 yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota.

"Kami melakukan 'checking' dan menemukan banyak sekali cagar budaya", kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim, di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.

5. Revitalisasi Kampung Gembira Gembrong tingkatkan kualitas hidup warga

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengemukakan, revitalisasi permukiman warga korban kebakaran Pasar Gembrong di RW 01 Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, menjadi Kampung Gembira Gembrong untuk meningkatkan kualitas hidup warga setempat.

Menurut Muhammad Anwar, warga korban kebakaran dapat menempati hunian baru yang dilengkapi berbagai fasilitas terutama bagi anak dan lanjut usia (lansia).

Selengkapnya di sini.

6. Empat pasar tampilan baru di Jakarta diresmikan

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo meresmikan empat pasar dengan penampilan baru pada Kamis ini.

Empat pasar yang diresmikan itu, yakni Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol dan Pasar Tebet Barat, secara simbolis dilaksanakan di Pasar Cipinang Kebembem.

Selengkapnya di sini.

7. Anies pastikan tak ada komersialisasi seni budaya di TIM

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tidak ada komersialisasi di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta untuk mendukung kemajuan seni budaya.

"Itulah sebabnya komitmennya diwujudkan dalam bentuk anggaran yang nantinya akan disalurkan dari pemerintah supaya kegiatan seni bisa berjalan tanpa ada komersialisasi," kata Anies usai menyaksikan pentas teater di Graha Bhakti Budaya TIM, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022