Biak (ANTARA) - Sebanyak 39.984 rumah tangga di Kabupaten Biak Numfor, Papua hingga saat ini sudah menikmati layanan jaringan listrik hingga ke pelosok kampung.

Data Pemkab Biak Numfor yang diterima ANTARA, Senin, mengungkapkan, puluhan ribu rumah tangga warga Biak Numfor sudah menikmati aliran listrik. Jumlah pelanggan listrik naik signifikan.

Sebagai perbandingan kurun waktu 2020 rumah tangga di Kabupaten Biak Numfor yang terpasang listrik sebanyak 30.219 rumah tangga namun kini telah terpasang 39.894 rumah tangga.

"Jangkauan layanan listrik di rumah tangga warga Biak setiap hari bertambah karena listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dari setiap rumah tangga keluarga," ujar Bupati Biak Herry Ario Naap saat ekspose ke media hasil pembangunan tahunan Biak.

Baca juga: Pemkab Kediri pastikan listrik masuk kampung terpencil

Ia menyebut, kebutuhan listrik untuk warga berbagai kampung akan terus dipenuhi pemerintah bersama PT PLN Biak.

Sementara itu, salah satu warga Biak Mnumumes mengatakan, kebutuhan listrik menjadi prioritas rumah tangga untuk lampu penerang belajar anak di rumah.

Ia mengatakan, sejak kebutuhan listrik terpasang di rumah warga berbagai manfaat dinikmati para keluarga, salah satunya bisa menonton televisi layanan TV kabel.

Ia berharap ketersediaan pasokan jaringan listrik terus terjaga oleh PT PLN di Kabupaten Biak Numfor.

"Karena listrik hingga saat ini sudah menjadi kebutuhan prioritas bagi masyarakat di berbagai pedalaman kampung di Biak Utara jauh," ujar Mnumumes.

Baca juga: Dua kampung perbatasan ini segera nikmati listrik

Pemasangan jaringan listrik di berbagai kampung dalam upaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat untuk mendukung peningkatan ekonomi keluarga maupun kebutuhan belajar anak di setiap keluarga.

Sejumlah pemerintah kampung di Kabupaten Biak Numfor ada yang memenuhi kebutuhan pemasangan listrik rumah tangga dari dukungan dana desa.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022