Semarang (ANTARA) -
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendukung upaya-upaya dalam memberikan perlindungan kepada para atlet dari berbagai risiko yang dihadapi saat bertanding maupun tidak.

"Atlet mempunyai risiko ketika melakukan pertandingan, latihan, dan sebagainya, maka perlu perlindungan kepada para atlet, salah satunya kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan," katanya di Semarang, Senin.

Hal tersebut disampaikan Wagub menanggapi ditandatanganinya kerja sama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jateng dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para atlet.

Menurut dia, para atlet sangat rentan mengalami kecelakaan kerja, baik saat sedang bertanding, maupun latihan, yang berisiko mengalami cedera fisik sehingga perlu jaminan perlindungan.

"Dengan adanya jaminan perlindungan tersebut, para atlet di semua cabang olahraga semakin semangat berlatih dan meningkatkan prestasi olahraga Jateng," ujarnya.

Di sisi lain, Gus Yasin, sapaan akrab Wagub Jateng, berharap KONI Jateng dapat menghasilkan program-program olahraga Jateng beberapa tahun ke depan.

Deputi Direktur BP Jamsostek Kanwil Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta Cahyaning Indrasari menambahkan, para atlet mempunyai risiko tinggi mengalami kecelakaan kerja saat bekerja sehingga upaya perlindungan kecelakaan sangat diperlukan bagi mereka.

Menurutnya, perlindungan dari BP Jamsostek sangat penting bagi para atlet untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan saat mengalami kecelakaan kerja, jaminan hari tua, serta santunan kematian.

"Saya kira ini sangat penting, jadi apabila atlet, ofisial, pelatih, wasit sudah terlindungi, maka tidak perlu lagi dari organisasi merasa cemas dan sudah aman karena ada BP Jamsostek yang akan memberikan perlindungan,” katanya.

Selain jaminan perlindungan kecelakaan kerja, BP Jamsostek juga memberikan jaminan hari tua sehingga para atlet bisa mempersiapkan dari sekarang untuk masa depannya dan saat berusia lanjut dan sudah tidak sebagai atlet, kehidupannya akan sejahtera.


Baca juga: Sekitar 9.000 atlet jadi peserta BPJAMSOSTEK dalam 3 bulan ini
Baca juga: BPJAMSOSTEK gandeng KONI lindungi atlet
Baca juga: BPJAMSOSTEK ambil bagian lindungi atlet selama APG 2022

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022