Pati (ANTARA) - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menjaring bakat olahraga dari penyandang disabilitas melalui tes pemanduan bakat sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Olahraga Disabilitas 2022 di Solo.

Tes pemanduan bakat olahraga disabilitas yang diikuti 50 peserta itu, digelar di Gedung PGRI Pati, Senin,  dengan dihadiri Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kepala Dinporapar Pati Rekso Suhartono, perwakilan NPCI Jateng dan jajarang pengurus NPCI Pati.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, bisa menjaring bibit baru untuk dididik menjadi atlet berprestasi sehingga bisa membawa nama harum Pati," kata Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro di Pati.

Maka, kata Henggar, perlu disiapkan pembinaan mulai sekarang, agar nantinya Kabupaten Pati bisa menjadi juara umum, mengingat setelah ajang Porprov akan ada kejuaraan Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) yang dijadwalkan digelar di Pati.

Ia menyampaikan terima kasih kepada para pelatih, pembina, dan orang tua yang sudah sabar melatih dan membimbing adik-adik berkebutuhan khusus tersebut.

Ketua NPCI Kabupaten Pati Suratno menambahkan dari 50 peserta yang ikut penjaringan, sebanyak 40 peserta di antaranya dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Pati dan selebihnya umum.

Para peserta yang dinyatakan lolos penjaringan, nantinya akan ditempatkan di cabang olahraga sesuai hasil asesmen. Kemudian, mereka akan diberikan pembinaan bersama Dinas Pendidikan setempat.

Penjaringan bibit muda ini, imbuh dia, merupakan program pembinaan dari NPC Provinsi Jateng untuk membantu kabupaten/kota mendapatkan atlet berprestasi. Sedangkan cabang olahraga yang ada di Pati meliputi bulu tangkis, tenis meja, angkat berat, atletik, dan boccia.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan ada Kejurprov Disabilitas di Solo pada 25-28 Oktober 2022. Dalam event itu,  Kabupaten Pati akan mengirimkan 21 atlet untuk diterjunkan di lima cabang olahraga.


Baca juga: NPCI: bonus atlet APG 2022 sudah dipikirkan pemerintah
Baca juga: Ratusan atlet dan ofisial NPCI ikuti tes PCR persiapan APG 2022


 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022